Utang Indonesia, Lebih Besar dari Anggaran Belanja Tahun 2013

 

 

Berapa jumlah utang negara Indonesia sekarang ? Jawabannya adalah : Rp.  1.975,62 triliun. Angka yang fantastis ini ternyata lebih besar dari Belanja Negara yang tertuang dalam Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Nebara Tahun 2013 yang hanya sebesar Rp. 1.657,9 triliun rupiah. Artinya, pengeluaran Indonesia dalam setahun masih lebih kecil dari jumlah utang negara.

“Maka itu kami mendesak pemerintah untuk mengurangi utang negara yang saat ini hampir menyentuh angka Rp 2.000 triliun, karena makin besar utang makin kecil kesempatan pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya,” kata Ketua KAU, Dani Setiawan kepada detikFinance, Minggu (4/11/2012).

KAU adalah Koalisi Anti Utang, yang menurutnya, semakin tinggi utang negara, maka semakin kecil peluang pemerintah untuk sejahterakan rakyat.

Bagaimana caranya mengurangi utang ? Berarti kita harus melihat pos-pos di APBN dan menghitung-hitung pengeluaran mana yang akan dikurangi, apakah subsidi atau belanja pemerintah atau yang lain, sehingga negara tidak perlu berhutang. Langkah lain adalah meningkatkan penerimaan negara. Secara logika, kasus ini akan sama dengan bagaimana seseorang harus menyetop atau mengurangi utang untuk kehidupan pribadinya. Dia bisa mengurangi pengeluaran atau menambah penerimaan. Namun menjadi tidak lagi sesederhana itu jika kita melihat negara yang memang memerlukan banyak uang untuk menutupi pengeluaran yang banyak. Diperlukan anak-anak bangsa yang bersih dan tidak korup agar semua penerimaan negara masuk ke dalam pos yang seharusnya.

Para koruptor ini tidak memikirkan bagaimana susahnya negara mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk membayar utang. Dia hanya memikirkan bagaimana dirinya bisa kaya. Untuk itu, semoga negara bisa mengambil semua kekayaannya kembali dari para koruptor demi kelangsungan hidup bangsa dan kesejahteraan masyarakat.
Sumber :

http://finance.detik.com/read/2012/11/04/133729/2080919/4/utang-ri-hampir-rp-2000-triliun-pemerintah-sulit-bikin-rakyat-sejahtera

Sumber foto : Milis IGI

Advertisements

One thought on “Utang Indonesia, Lebih Besar dari Anggaran Belanja Tahun 2013

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s