Manfaat Internet untuk Anak

 

Siapa bilang internet tak bisa dimanfaatkan untuk anak-anak ? Dewasa ini, kontennya yang sudah sangat lengkap harus bisa dimaksimalkan penggunaannya. Menurut Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, manfaat internet untuk anak-anak adalah :

  1. Searching, di sini anak-anak bisa mencari informasi, data, gambar dan pengetahuan. Orang tua tentu saja harus menjadi pendamping setia.
  2. Game Online, merupakan satu wahana yang paling dicari anak-anak karena dia menawarkan ribuan permainan online. Namun, harus diingat, permainan dalam game online ini harus disesuaikan dengan usia anak. Orang tuapun harus tetap memberikan batas waktu bagi mereka dalam bermain game online.
  3. Learning. Di konten ini, pembelajaran bisa dilakukan dengan bimbingan guru dan orang tua, di mana anak-anak bisa belajar menulis, membuat blog, atau mencari informasi untuk menambah pengetahuan.
  4. Collecting. Anak-anak bisa mengoleksi gambar, lagu, video, dan media lain untuk belajar. Dalam hal ini orang tua wajib memantau koleksi yang disukai anak.
  5. Communicating. Semua orang tahu, yang menjuarai dunia perinternetan untuk anak-anak adalah jejaring sosial. Artinya, anak-anak sangat menyukai jejaring sosial di internet. Untuk itu, orang tua harus tetap memantau aktivitas anak di media ini.
  6. Creating, di mana anak-anak bisa menjadikan internet sebagai wadah kreativitas dan inovasi. Dorongan dari orang tua bisa mengarahkan aktivitas ini menjadi semakin bermakna.

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s