Hati-hati Bakso Daur Ulang !

Bicara soal bakso saya jadi ingat obrolan dengan  sepupu saya, seorang dokter yang lalu membuka kios bakso sendiri agar bisa memberikan bakso yang sehat. Kisah ini diawali dari kisah anak-anak dan keluarganya yang suka sekali makan bakso di warung-warung bakso pinggir jalan. Di mana-mana, rupanya bakso menjadi makanan favorit karena setiap hari kios-kios bakso ini selalu penuh pembeli.

Lama-lama, dia merasa ini adalah sebuah peluang usaha sampai akhirnya memutuskan untuk membuat kios bakso dan memproduksinya sendiri. Proses produksi inipun diawali oleh perjuangan panjang, semisal menggiling daging di tempat penggilingan daging di pasar. Namun justru dia mendapat pelajaran berharga yang akhirnya dibagikan ke keluarganya.

Tempat penggilingan daging, konon didatangi oleh berbagai macam tukang bakso. Sepengetahuan saya memang abang-abang bakso di sekitar rumah saya biasanya malah menggiling semua adonan menjadi satu di tempat penggilingan daging tersebut. Nah, dari situlah sepupu saya mendapat kabar-kabar tentang tukang bakso yang melakukan daur ulang bakso yang tidak laku.

Bakso-bakso ini akan digiling kembali, dengan ditambahkan daging, tentu saja yang berkualitas rendah, ditambah dengan bumbu-bumbu. Dicetak kembali menjadi bakso dan dijual kembali kepada pelanggan. Wallahualam bisshowab. Jadi, sebaiknya untuk menghindari kebenaran berita ini, sebaiknya kita memang membuat sendiri bakso agar  aman.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s