Refleksi 3 Tahun Blogger Bekasi : Bersama Membangun Bekasi

Komunitas Blogger Bekasi atau sering disebut Beblog adalah komunitas luar biasa yang saya temukan. Dalam usia tiga tahun sejak kelahirannya, 17 Agustus 2009, Beblog menjadi komunitas blogger yang termasuk solid dan aktif. Prestasi-prestasi yang sudah diraihnya tentu saja merupakan sebuah efek sebab akibat yang dilakukan para blogger yang ada di dalamnya. Lihat saja penghargaan  bergengsi untuk Komunitas Berbasis Wilayah Terbaik se-Indonesia yang pernah  diraihnya di tahun 2010, menunjukkan bahwa Beblog sudah memberikan aktivitas nyata dalam berkarya.

Saya mengenal Blogger Bekasi ketika IGI mengadakan kegiatan Pelatihan Blog  bersama Beblog dan Indosat. Sejak itu, rasanya Beblog dan IGI sendiri merupakan komunitas yang menyatu dalam diri saya yang berprofesi sebagai guru di kabupaten Bekasi.

Perkenalan saya dengan Blogger Bekasi

Bebloglah yang lalu membuat saya berkomitmen lebih serius mengelola blog. Rupanya, dalam perjalanan belajar ngeblog, saya menemukan bahwa blog juga sangat ideal untuk dijadikan media pembelajaran. Saya sendiri lalu memanfaatkan blog menjadi sebuah portofolio siswa dalam dunia maya.

Kalau kita melihat siapa di balik kesuksesan Beblog, tentu saja semua orang akan mafhum. Pengurus-pengurus yang ada menunjukkan kelas tersendiri untuk Blogger Bekasi. Saya mengenal Amril Taufik Gobel, seorang penulis yang mulai menyusantara karena tulisan-tulisan diblognya yang dibukukan.

Penasehat lainnya tentu saja saya kenal betul. Wijaya Kusumah, yang dikenal dengan sapaan Omjay adalah seorang guru TIK di SMP Labschool. Sebagai sesama guru,   saya menganggap Omjay adalah sosok inspiratif.  Di sela-sela kegiatannya mengajar dan kesibukannya membuat perangkat pembelajaran yang menyita waktu, ternyata Omjay bisa menelurkan banyak buku  yang juga diambil dari blog pribadinya.  Mottonya menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi telah menegur saya bahwa menulis itu mudah, asal kita mau menyediakan waktu, kesempatan, dan kemauan dengan baik.

Sosok-sosok yang juga merupakan andalan Beblog adalah Eko Eshape dan  Rawi Wahyudiono. Keduanya adalah wirausahawan handal. Lalu ada Mas Yulyanto, seorang yang cinta menulis.  Ketua Beblog sendiri, Pak Aris Heru Utomo, saya kenal lewat kompasiana. Tulisannya sering menghiasi kolom headline di blog keroyokan ini. Analisa beliau cukup tajam akan banyak hal-hal menarik baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Kalau kita lihat kembali, Beblog dihiasi para intelek di bidangnya masing-masing. Sebuah sinergi luar biasa jika multi prestasi ini dipadupadan. Belum lagi sosok Mas Vavai, seorang wirausahawan di bidang internet yang tentu saja mendukung Beblog menuju komunitas yang hitech (dan harapan  mencerdaskan Bekasi lewat internet).

===

Sejatinya, sebuah komunitas blogger yang tumbuh dari persamaan wilayah seperti Blogger Bekasi ini adalah sebuah komunitas pemilik hobi nge-blog. Orang-orang yang ada di dalamnya mempunyai hobi yang sama. Biasanya, komunitas seperti ini akan membuahkan solidaritas tinggi dengan rasa kebersamaan yang juga luar biasa. Beblog sudah membuktikannya.

Namun, seiring perkembangan pemikiran dan harapan warga Bekasi, komunitas Beblog tentu saja diharapkan tidak hanya menjadi perkumpulan penggiat blog semata. Beblog harus berani mentejemahkan visi agar mampu menjadi salah satu motor  penggerak warga Bekasi dan mendampinginya untuk maju. Sebuah harapan yang tidak mustahil lahir dari sebuah komunitas. Ingatlah, modal awal sudah dimiliki oleh Beblog berupa pengurus dan anggota yang solid.

Sudah saatnya Blogger Bekasi menjadi komunitas pengumpul dan pelaksana ide kreatif dari segala bidang. Para pengurus inilah yang bisa sekaligus menjadi pemandu yang mampu memadupadankan berbagai kelebihan dan saling melengkapi untuk menutup segala kekurangan.

Hubungan dengan Pemerintahpun harus lekat. Dekatnya dengan pemerintah bukan berarti Beblog harus berpolitik. Justru Beblog harus menjadi lembaga independen yang bisa menjadi media control social bagi cerita perjalanan Bekasi dan seluruh warganya.

Sebagai ilustrasi, walaupun belum pernah mengikuti Pelatihan wirausaha membuat mie-sehati dan bagaimana cara memasarkannya, namun saya turut bangga jika keberadaan Mas Eko sebagai pengurus, mampu memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk meciptakan lapangan kerja mandiri. Di sinilah letak betapa strategisnya peranan Blogger Bekasi sebagai motor penggerak bagi  masyarakat, apalagi jika Pemerintah daerah Bekasi dengan senang hati memberikan banyak kesempatan untuk bekerjasama menyukseskan semua  programnya Beblog.

Harapan untuk Beblog di Tahun ke-3-nya

Blogger Bekasi yang beralamat di http://bloggerbekasi.com/ menurut saya masih dalam kondisi gersang. Belum banyak dihiasi tulisan-tulisan segar dari blogger Bekasi yang lain. Dari 2089 anggota Blogger Bekasi yang tercatat oleh admin hingga 27 Agustus 2012, jumlah penulis yang aktif berkontribusi dari hari ke hari masih jauh panggang dari api. Artinya, posisi Beblog yang menjadi salah satu media dengan visi menumbuhkan semangat berbagi di kalangan masyarakat lewat jurnalisme warga (citizen journalism), belum sepenuhnya berhasil.

Seluruh warga Beblog punya pekerjaan rumah yang lumayan panjang untuk menembus harapan yang tercantum dalam visi misi yang sudah terbuat. Padahal, daftar menu yang ditawarkan Beblog sudah sangat lengkap. Sebut saja : wawancara tokoh, sasra, buku, dan artikel, resensi, polhukam, agama, laporan warga, ekbis, event, dan tips. Kalau saja sepuluh persen anggota Beblog tetap menjaga keaktifannya menulis di Blog ini, berarti  akan ada sebanyak 208 orang dengan informasi terbaru yang akan terbagikan ke khalayak Bekasi. Sepuluh persen saja akan membuat Beblog hidup dan menghidupi, apalagi jika jumlahnya bisa lebih dari itu.

Saya melihat, tulisan-tulisan yang ada di Beblog didominasi oleh tulisan yang bertema umum, dan sedikit sekali yang menyinggung tentang Bekasi secara khusus. Padahal, idealnya komunitas berbasis wilayah haruslah menonjolkan karakter wilayahnya. Semisal, laporan warga seharusnya menjadi menu favorit warga Bekasi karena dia merangkum semua  kegiatan Bekasi yang ditulis oleh warganya dari seluruh wilayah Bekasi kota maupun kabupaten di samping artikel-artikel bebas lainnya. Kalau perlu, buatlah beberapa daftar menu tambahan lain yang diperlukan dengan tujuan untuk memperkenalkan Bekasi pada khalayak dengan hanya satu klik. Misal, tambahkan kolom Pariwisata Bekasi. Dengan begitu, warga cukup membuka Beblog untuk mendapatkan banyak informasi tantang Bekasi tercinta.

Seharusnya juga, Beblog mampu membangun kesadaran warga Bekasi agar punya rasa peduli dan memiliki Bekasi. Beblog ke depan harus menjadi sebuah alat pemersatu warga Bekasi untuk sepakat bagaimana membangun kota tercinta ini dengan semangat saling berbagi. Dan percaya atau tidak, jika Beblog mampu efektif dan tepat memanfaatkan komunitas ini dengan visi dan misi yang sudah terpatri, maka dengan sendirinya Beblog akan menjadi media social control. Untuk itu, perlu dibangun kesamaan persepsi akan visi dan misi yang sesuai dengan perkembangan idealism dan jaman.

Semoga, dengan bertambahnya usia, Blogger Bekasi makin mampu lebih solid dan kreatif menyikapi perkembangan jaman dengan semangat saling berbagi dan melengkapi. Indahnya harmoni kebersamaan. Selamat Ulang tahun Blogger Bekasi.

Salam. #Lomba3thnBeblog

Advertisements

54 thoughts on “Refleksi 3 Tahun Blogger Bekasi : Bersama Membangun Bekasi

  1. setujuuu dengan pendapaat ibuuuu dengan ber blogger kita bisa lebih gaul lebih tau segala informasi, bisa berkarya sesuka hatiii tapii kita juga harus aktif ya buu seperti ibuu.__., daaaaan sayaa sangat termotivasi buat membuat blogger yang keren kaya blog ibu mhiihih semoga dengan mengikuti dan membaca postingan2 ibuu yg kereen bisa membuat saya jagoo membloger dan berkarya sepertii ibuu . semangaat buuu bawa harum nama kota Bekasi 😀 kitaaa bisaaaaaaaaaaaaaa!!

  2. waaaaah, inspiratif banget bu. bikin termotifasi buat dukung beblog juga 🙂 Ibu benaaaar! seharusnya jika dinamakan blog bekasi, mereka akan lebih banyak mengulas tentang apa-apa saja yang ada di Bekasi. Selain dapat menambah informasi tentang bekasi, dapat juga membuat kota bekasi ini lebih maju 😀
    Semoga ibu nantinya bisa jadi orang-orang sukses di balik blog juga, Aamiin 🙂
    Keep Writing Bu Mugi!!! 😀

  3. sukses terus bu jadi blogger nya! 😀 kalo bisa nulis buku buuu, tulisan ibu kan banyak yg inspiratif. semangat buuu!:D

  4. Setuju bu mugi beblog selain silaturahmi juga kita punya banyak teman baru.aku jadi ingat saay pertama kenal beblog…..rasa perih dimataku karena sakit he he he h sukses ya bu…

  5. Sungguh sulit tmenjadi sepertimu…..rasa kagumku tak terhingga…kau memang wanita super….super hebat….dgn segudang aktivitasmu dan rutinitasmu kau sempatkan memvuat karya terindah.semoga karya ini menang dan hasil sempurna kan kau raih…

  6. Sukses bu buat komunitas beblognya 😀 Keren banget komunitas blogger bekasi ternyata, semoga bisa makin keren-keren tulisannya. Oh yaa, ibu juga harus punya buku bu juga dong bu. Blog ibu juga gak kalah keren 😀 sukses yaa bu hehe

  7. keren bu komunitasnya 😀 bisa jadi inspirasi. tulisan ibu juga bagus-bagus. pokoknya keren abisss 😀 oh iya sukses juga buat ibu, dan hobi menulis ibu semoga jadi penulis terkenal 😀

  8. saya setuju dengan ibu dengan adanya beblog ini,jadi masyarakat kota bekasi bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru tentang kota bekasi dan mendapat wawasan
    dan juga dengan adanya daftar-daftar Pariwisata kota bekasi itu juga penting supaya warga dari luar kota bisa mengetahui Pariwisata Bekasi yang tidak kalah menariknya dengan kota-kota lainnya ^_^

  9. Sukses bu blognya! 😀 Menurut saya, mengisi blog itu membuat daya pikir jadi lebih aktif & kreatif. Jika semua orang di Bekasi punya blog & mengisi blognya dengan baik & benar, maka saya yakin, kota bekasi akan jadi lebih baik karena masyarakatnya yang lebih aktif & kreatif. Sukses terus Beblog! 😀

  10. Sukses terus bu :D!! Semoga dengan ibu menulis ini Blogger Bekasi bisa semakin kreatif mengisi blog blognya. ibu menjadi inspirasi saya juga dalam menuliskan blog blog saya:)

  11. Blog dapat membuat kita terinspirasi dan kreatif? Semangatt buat bu mugi bikin postungan yang lebih keren lagi sehingga orang2 dapat termotivasi oleh tulisan bu mugi 🙂 dan sukses terus ya buat Beblog 🙂

  12. Blog dapat membuat kita terinspirasi dan kreatif? Semangatt buat bu mugi bikin postingan yang lebih keren lagi sehingga orang2 dapat termotivasi oleh tulisan bu mugi 🙂 dan sukses terus ya buat Beblog 🙂

  13. semangat buat bu mugi dan beblog! semoga makin kreatif,dan orang-orang bekasi makin banyak yang tertarik dengan blog 😀

  14. bu mugi dan beblog,banyak banget inspirasi yang didapat dari ibu dan beblog 😀 pokoknya bu mugi dan beblog hebat banget deh. Sukses selalu ya 🙂

  15. semangat bu mugi dan beblog! semoga makin kreatif,dan orang-orang bekasi makin banyak yang tertarik mempunyai blog 😀

  16. bu mugi dan beblog,banyak banget inspirasi yang didapat dari ibu dan beblog. pokoknya hebat banget deh bu mugi dan beblog. Sukses selalu ya 😀

  17. Wawww bu tulisan ibu inspiratif banget 🙂 Semoga setiap orang yang membaca tulisan ini bisa termotifasi lagi untuk menulis tentang Bekasi, agar Bekasi blog lebih maju! 🙂 semangat terus bu untuk menghasilkan karya-karya yg lebih banyak lagi, sukses terus bu! 🙂

  18. Memang benar ya bu, nge-blog itu banyak banget manfaatnya, apa lagi blog-ing itu paper-less. Berarti kita bisa lebih hemat kertas dengan blog-ing ya bu ? 😀 . Setelah baca posting ibu saya jadi lebih semangat untuk menulis, ibu juga harus lebih semangat lagi, supaya bisa ngajarin saya untuk bikin posting yang menarik seperti yang ibu punya 😀 . Saya juga setuju dengan ibu, namanya juga Blogger Bekasi, jadi lebih baik untuk menekankan pada aspek-aspek tentang bekasi nya, mulai dari sejarah, pahlawan dari bekasi, kreatifitas orang-orang bekasi, supaya orang-orang dari luar kota tertarik untuk berkunjung ke bekasi ini. Pada akhirnya orang-orang bekasi juga jadi tertarik untuk lebih mengharumkan nama daerahnya, maka tercapailah visi beblog yang sebenarnya;”menumbuhkan semangat berbagi di kalangan masyarakat lewat jurnalisme warga (citizen journalism)” . InsyaAllah . Amin 😀

  19. wawww bu inspiratif banget tulisannya, semoga Bekasi blog makin maju dan semoga setiap yg melihat tulisan ini menjadi termotifasi lagi 🙂 semangat terus bu untuk menghasilkan karya yg lebih banyak lagi. Sukses terus ya bu 🙂

  20. Iyaaa bu, perkembangan blog memang sangat bagus untuk jaman sekarang. Blog memang bisa menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis.. Dan untuk beblog juga sangat bagus karena jika kita ikutan komunitas beblog kita bisa belajar bagaimana cara menulis yang baik dan sebagiannyaa. Buat beblog semoga makin banyak yang ikut komunitas ini. Supaya makin banyak orang Bekasi yang update dan saling share di komunitas beblog ini 🙂 Semoga semakin berjaya Beblog 😀 😀

  21. Setuju bu, dengan membuat blog kita dapat lebih mengasah keterampilan kita dalam merangkai satu kalimat dengan kalimat yang lainnya. Blog juga bisa bermanfaat di gunakan untuk meningkatan para pelajar di zaman sekarang ini lebih modern ga ‘terlalu’ ketinggal zaman dengan negara maju hehehe. Saya termotivasi untuk aktif dalam blog saya karena membaca postingan ibu yang menarik-menarik sekali. Dengan blog kita dapat melatih kemampuan kita dalam menulis dengan cara baik dan benar:)

  22. Assalamualaikum bu 🙂
    Benar sekali bu, dengan kita menulis di blog kita bisa memberikan banyak informasi kepada orang dan menulis blog juga bisa menyalurkan bakat atau hobinya dalam bidang menulis. Menulis blog juga jangan asal ketik saja di dalam blog, kita harus memperhatikan kata demi kata agar pembaca tidak bosan ketika membaca blog kita. Dengan adanya club beblog orang-orang yang ada di bekasi sangat lah beruntung karena adanya club tersebut orang-orang yang aktif dalam menulis di dunia maya atau menulis di blog bisa masuk kedalam beblog tersebut dan bisa menyalurkan tulisannya di beblog tersebut. Majulah beblog !!!! semoga makin sukses aminnn… 🙂
    wassalamualaikum wr,wb

  23. bener bu, kalau semua orang bekasi pakai blog dan menggunakannya dengan baik seperti untuk memotivasi orang,dan lain lain bekasi akan semakin maju hehe. tapi sejujur-jujurnya saya sering kurang pede kalau lagi nulis diblog sendiri kalau abis liat blog-blog orang bu. tapi semoga saya bisa mengikuti jejak ibu dengan banyak prestasi blog yang sangat membanggakan sebagai guru saya dan teman-teman haha.
    semoga orang orang semakin terbuka dengan kemajuan zaman yang positif seperti berkembangnya blog ini . dan semoga blogger bekasi akan semakin memotivasi orang orang untuk semakin maju dan berkembang . 😀

  24. Sugoiiiii , keren bu. Semoga dengan adanya beblog, semua orng yg berpotensi dalam hal menulis bisa dikembangkan lagi potensi nya, dan untuk yg tadinya tidak tertarik pada tulisan,semoga jadi lebih semangat dan muncul niat untuk menulis seperti ibu.
    Dan kita semua juga tau, klo blog ga hanya berguna buat sekedar iseng, tapi bisa juga dibuat usaha.sekian.-.

  25. Saya setuju dengan pendapat ibu Mugi tentang ber blogger 😀 Karena manfaatnya banyak yaitu bisa mengetahui banyak informasi, memberikan semangat orang-orang untuk terlatih ber blogger, dll.
    Semoga dengan ibu menulis postingan seperti ini bisa menjadikan semua orang termotivasi.
    Succes bu ber bloggernya 😀

  26. tulisan ibu memberikan aku inspirasi,semangat juga buat beblog!semoga berhasil membuat orang-orang bekasi yang belum punya blog,jadi tertarik dengan blog. makin keren ya bu mugi dan beblog.

  27. Assalamualaikum wr wb.

    Blog bisa membuat yang jauh menjadi dekat, seperti yg Ibu bilang, tentang para Blogger Bekasi. Saya harap komunitas ini bisa memperkenalkan Bekasi kpd masyarakat Indonesia, jadi isi blognya tidak secara umum saja, ttp tentang karateristik Bekasi spt pariwisata, budayanya, kuliner khas nya dll. Dengan ini Bekasi bisa semakin maju. Intinya, lebih meningkatkan solidaritas sesama warga Bekasi.

    Dengan blog kita juga bisa menghemat kertas (paper-less), sekaligus mengupayakan upaya pemberhentian global warming. Dari bbrp tulisan Ibu yg saya baca, isinya inspiratif sekali, saya suka itu. Semoga guru-guru yg lain bisa mengikuti cara ini dlm belajar, yang lebih open mind terhadap kemajuan teknologi.

    Wassalamualaikum wr wb.

  28. assallammualikum wrwb.
    menurut saya ikut dalam komunitas seperti bekasiblogger itu sangat bagus, karena ikut ikut dalam komunitas itu sangat menambah kesolidaritasan dari setiap anggota, apa lagi komunitas tersebut bertujuan untuk menjadikan kota Bekasi lebih baik dengan cara membuat blog, secara tidak langsung itu pun adalah kegiatan yang sangat positif dengan cara memanfaatkan tekonologi hehe
    waallaikumsallam wrwb.

  29. Sugoiiii . Keren banget bu. Saya setuju banget dengan adanya beblog, karena dengan adanya beblog, semoga orang2 yang memiliki skill atau potensi menulis, dapat dikembangkan lagi potensinya, Dan untuk orang2 yang sebelumnya tidak tertarik dengan menulis/mengarang, semoga dengan adanya para blogger bekasi semua penduduk bekasi, menjadi lebih kreatif, rajin dan memiliki inspirasi, pemikiran, juga wawasan yang luas, semua dapat kita dapatka jika kita rajin membaca&menulis.
    kita juga seharusnya sadar, bahwa menulis bukan hanya sekedar untuk mengerjakan tugas atau sekedar iseng2an, jadikan menulis sebagai hobi dan kegiatan sehari-hari. kalau hal trsebut sudah tercapai, insya Allah bangsa kita akan menjadi bangsa yang selalu melihat kedepan dan berwawasan luas. Sekian.-.

  30. Assalamualaikum bu Mugi… 😀
    Wahh….. aku sih setuju banget kalau ada komunitas Beblog kayak gini jadi dengan media ngeblog pun kita bisa mempromosikan Bekasi ke orang-orang banyak apa-apa aja yang ada di Bekasi misalnya pariwisata atau bisa kekreatifitasnya masyarakat Bekasi. Saatnya Bekasi bangkit dari keterpurukan dengan orang-orang kreatif dari komunitas Beblog ini. Visi misi Bekasi bisa disampaikan disini dibandingkan sama spanduk-spanduk besar dijalanan yang membuat Bekasi semakin kotor.
    Mungkin dengan makin banyaknya blog seperti ini semakin banyak penulis dari Bekasi ya bu pokoknya masyarakat Bekasi makin kreatif nih kalau ada komunitas kayak gini.

  31. Setuju banget bu, dengan postingan yang ibu. Namanya juga Blogger Bekasi, seharusnya kita membahas tentang apa saja yang ada di Bekasi ini seperti budayanya, kulinernya, pariwisatanya dll. Kalau menurut saya, kita sebagai masyarakat yang tinggal di Bekasi seharusnya lebih semangat lagi dalam membangun kota Bekasi ini menjadi lebih maju lagi dari yang sebelumnya apalagi membuat nama Bekasi menjadi harum. Siapa tau dengan keunggulan yang ada di kota Bekasi ini, membuat orang-orang di luar sana jadi ingin berkunjung ke Bekasi dan ikut berpartisipasi dalam membangun kota Bekasi ini menjadi lebih maju lagi. Tulisan yang ibu buat sangat inspiratif, semoga saya bisa mengikuti jejak ibu dan orang lain pun juga begitu hehehe 😀

  32. Bagus bgt bu program Beblog di Bekasi seperti itu selain menambah solidaritas program seperti itu juga bisa membuat kota Bekasi menjadi kota yang lebih maju dan kreatif apalagi kalau kita membahas tentang bagaimana kota Bekasi dan dilihat banyak orang.

    Salut deh sama Ibu di usia yang seperti itu Ibu masih bisa aktif dan berkarya. Seharusnya saya yang muda juga bisa seperti Ibu 🙂
    Millions of luck deh bu Mugi dan program Beblog nya 😀

  33. Bagus banget bu! blog juga memiliki banyak sisi positif. Bisa menambah solidaritas melalui program seperti itu. Dan membuat kota Bekasi lebih terkenal positifnya bukan sisi negatifnya yang banyak bilang kalau Bekasi (BEKas gudAng beSI)

  34. wahh semangat ya bu buat ngeblognya terus, biar semua pembaca menjadi mendaptkan ilmu terus dengan apa yang sudah ibu share di blog. menurut saya ngeblog itu bagus selain bermanfaat untuk orang lain untuk memberikan informasi, bisa juga untuk menyalurkan hobi menulis .

  35. setuju bu,bagus banget program beblog di bekasi kayak gitu. dgn adanya beblog ini bisa menambah kesolidaritasan masyarakat bekasi. dgn menulis di blog bisa memberikan manfaat seperti memberikan informasi pada orang lain, menulis blog jg bisa membantu mengembangkan bakat orang2 yg memiliki hobi menulis.
    semangat terus bu mugi jd bloggernya! 😀 smg tulisan ibu bisa bermanfaat dan bisa memberi inspirasi pd orang banyak 😀

  36. Assalammualaikum wr.wb

    Mungkin bukan hanya bekasi bu, jika semua orang indonesia berfikir seperti itu dan membuat komunitas seperti itu.. mungkin sudah bisa kita bayangkan perubahan-perubahan yang terjadi di negeri ini.. terutama dalam bidang pengetahuan..

    Wassalam 😀

  37. setuju bu, dengan beblog ini masyarakat bekasi bisa meningkatkan masyarakat bekasi dalam bidang menulis. contohnya ibu hehe 😀 semangat ya bu nulisnya, semoga tulisan ibu makin inspiratif. semangat ibu mugi 😉 😀

  38. Assalamualaikum wr wb
    WAAAAAAAAAHH beblog ini ya bu yg membuat ibu semakin suka menulis??
    Memang ya bu, blog itu sangat berpengaruh dlm kehidupan seseorang yang suka dalam hal menulis. Blog bukan cuma asal tempat curhat, atau asal nulis, atau spam kegiatan kita sehari hari. Tapi menurut saya, blog itu tempat dimana kita bisa mencurahkan pesan untuk pembaca blog kita, seperti blog nya bu mugi ini 😀 Blog ini tempat untuk sharing sesama pembaca, agar pembaca bisa mengambil hal hal positif dari tulisan kita, blog jg bisa membuat kita termotivasi dalam hal menulis.
    Seandai nya masyarakat di daerah bisa meng-akses blog dgn mudah ,mungkin mereka bisa mengetahui ttg perkembangan di luar daerah mereka.
    Semoga, blog di masa depan bisa membawa indonesia maju!
    Sekian, bu mugi 😀
    Good luck & Keep blog walking 😉

  39. Assalamualaikum wr wb
    Aduh ibu pembimbing akademikku inspiratif banget, bikin saya jadi pengen aktif seperti ibu yang sering menulis blog. Sukses ya bu blognya 🙂 emang sih..menulis banyak gunanya,kayak buat ajang belajar guru dan murid di dunia maya, bikin daya pikir kita jadi lebih aktif dan juga kreatif. Kalo semua orang di Bekasi punya blog dan memanfaatkan blognya dengan baik dan benar, maka saya yakin, kota bekasi akan jadi lebih baik karena masyarakatnya yang lebih aktif dan kreatif, begitu juga dengan daerah lain yang mungkin ikut terinspirasi dengan beblog Bekasi. Semoga makin sukses dan pembaca dapat terinspirasi seperti ibu

  40. Assalamualaikum bu mugi.
    bagus banget bu program beblog di bekasi selain nambah solidaritas antar sesama bloger, juga bisa jadi sarana bagi orang-orang yang memiliki hobi menulis. apalagi kita kan ada di bekasi mungkin dengan mengenalkan kota bekasi melalui blog mungkin orang akan tertarik dengan bekasi dan mungkin akan membuat bekasi menjadi lebih baik lagi. dan membuat masyarakat bekasi menjadi lebih kreatif lagi

  41. Assalamu’alaikum bu Mugi. Setujuuuu bu,karena dengan beblog kita dapat mengembangkan kemampuan menulis suatu ide ide yang kreatif. Dengan blog kita juga bisa berbagi informasi dan ilmu walau hanya di dunia maya,tetapi itu sangat berpengaruh untuk menambah ilmu pengetahuan. Semangattttt ya bu nulis blognya. Semoga tulisan ibu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain 😀

  42. assalamualaikum bu mugi. keren ya program bekasi membuat blog gitu, jadi kita bisa saling mengenal satu sama lain , membangun solidaritas dan juga menggugah setiap orang untuk aktif menulis di blog. karena jika kita menulis di blog, tulisan itu bagus dan bermanfaat pasti menarik orang orang untuk membacanya . lagipula blog tempat yang bagus untuk curhat atau berbagi ilmu kepada orang lain.
    lanjutin terus bu menulis di blog nya. semoga banyak orang yang terinspirasi sama ibu untuk menulis 🙂 🙂

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s