Insiden Pengibaran Bendera Setengah Tiang pada HUT RI ke-67

 

Pagi ini saya berkesempatan mengajak anak-anak melihat upacara bendera memperingati hari ulang tahun RI di Bongas Wetan kecamatan Sumberjaya kabupaten Majalengka. Suasana mudik jadi agak berbeda. Semula saya tidak menyangka upacara akan tetap ada di bulan puasa ini, apalagi di kota-kota besar hampir semua sekolah sudah libur dan suasana berubah menjadi bermudik ria dan persiapan lebaran.

Sebuah mobil dinas puskesmas terlihat siaga mengantisipasi kemungkinan peserta yang sakit atau pingsan. Cuaca pagi memang terasa panas terik.

13451756291996610706

Ratusan peserta upacara bendera adalah siswa-siswi dari SMP dan SMA di sekitar Bongas, serta para PNS. Dihadiri pula para pejabat dari kecamatan, Danramil, Kapolsek Sumberjaya, bahkan beberapa anggota DPRD. Beberapa veteran perang kemerdekaan juga terlihat penuh semangat hadir bersama para undangan lain.

Upacara berlangsung khidmat dan sederhana. Penduduk sekitarpun turut menyaksikan dari pinggir jalan di depan rumah-rumah warga. Beberapa kendaraan dialihkan melewati gang-gang yang ada di sekitar lokasi upacara agar tidak mengurangi khidmatnya. Namun, sebuah insiden terjadi. Bendera rupanya tidak bisa bergerak melebihi setengah tiang hingga lagu kebangsaan selesai berkumandang. Susah payah petugas pengibar menarik tambangnya sampai akhirnya bendera naik juga. Semua orang terlihat tegang dan berdebar-debar melihat kejadian itu. Namun luarbiasanya, semua undangan masih dalam posisi berdiri dan peserta upacara yang lain tetap tertib mengikuti upacara dengan insiden ini.

Dalam upacara ini teks Pancasila dibacakan  oleh Danramil, Pembukaan UUD 1945 oleh Kapolsek , sedangkan teks proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh  anggota DPRD.

Salam merdeka negeriku !

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s