Pasar Tumpah Bikin Macet

 

Ini sahur kedua saya di Majalengka, tepatnya di Desa Bongas setelah kemarin melam tiba dari Bekasi. Berangkat ba’da Ashar dan mendapati kemacetan di sekitar Sadang sehingga pukul 10 malam baru tiba. Normalnya, perjalanan kami habiskan hanya 4-5 jam.

Siang kemarin pemudikpun mengalami kemacetan sama di sekitar pasar Kemisan Prapatan, pasar tumpah yang sudah menjadi tradisi Majalengka Cirebon. Kemacetan ini memaksa polisi mengalihkan mobil-mobil pemudik ke arah kampung dan mengeluarkannya lagi setelah pasar tumpah. Namun, tetap saja mereka mengalami kemacetan karena pedagang pasar juga merambah pinggir-pinggir jalan raya Majalengka-Cirebon.

13451485751651888401

suasana depan pasar tumpah Kemisan yang mulai lengang pukul 13.00

Normalnya, pasar ini setiap Senin dan Kamis hanya beroperasi hingga pukul sebelas siang, namun karena akan lebaran maka pkl. 13.00 masih padat dikunjungi pembeli. Walaupun mulai lengang nampak di depan pasar, namun sebenarnya mobil-mobil flat Jakarta yang mulai dibuka kembali antriannya kembali mengalami kemacetan. Hal sama akan terjadi juga di sepanjang Senin hingga Minggu karena pasar tumpah ini bergilir dari satu tempat ke tempat lain, seperti Selasa Sabtu di Pasar Tegal Gubuk.

Pagi ini, pukul tiga tadi saya belanja di warung angkringan pinggir jalanpun ternyata fenomena macet merajelela. Rupanya, kendaraan pemudik diover dari Pantura menuju Bongas yang nantinya akan mengarah ke Cirebon. Wajah-wajah lelah tampak dari para pengendara. Sambil menguap, mereka bertanya-tanya berapa km lagi sampai Cirebon. Wuihhh… perjalanan masih sangat panjang, Pak! Mudah-mudahan tidak ada macet lagi. Berdoa saja, karena di perempatan jalan ini pun pasti akan bertemu pemudik yang dari arah Sadang menuju Cirebon.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s