Yuk, Nominasikan Blog Anda dan Guru-guru Era Baru di Acer Guraru Award 2012

 

Saya tidak menduga ternyata ada ajang kompetisi yang dikhususkan bagi guru yang menggunakan blog dalam pembelajarannya. Sebagai guru yang ngeblog, tentu saja saya jadi bersemangat, berusaha bangkit dan mengatakan kepada banyak guru yang enggan bertekhnologi, ayo jadilah guru era baru !

Blog adalah sebuah sosial media yang bisa dijadikan tempat menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Blog bisa digunakan sebagai alat berkomunikasi guru di era digital ini. Saya sendiri menggunakan blog sebagai tempat berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran. Format komunikasi yang saya buat adalah menyampaikan materi pelajaran di blog, menerima link tulisan yang dibuat di blog siswa masing-masing, dan menuliskan semua cerita hidup yang bisa memperkaya pendidikan karakter siswa.

Di sinilah saya membiarkan cerita kehidupan sehari-hari sebagai tempat siswa belajar tentang kehidupan, karena saya yakin pada hakekatnya pendidikan pada siswa tidak bisa dipisahkan antara pembelajaran di sekolah dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari. Dari cerita-cerita nyata itulah siswa dapat belajar bagaimana menyikapi suatu kisah hidup.

Acer Guraru Award sendiri  adalah penghargaan tahunan dari Acer Indonesia untuk para Guru Era Baru yang secara konsisten mengoptimalkan penggunaan blog dan media sosial untuk berbagi seputar pendidikan serta memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan murid dan audiens yang lebih luas. Tak hanya itu, guru tersebut juga mendorong penggunaan blog dan media sosial secara positif.

Akan dipilih 1 guru penerima Acer Guraru Award 2012 yang berhak mendapat 1 unit ultrabook Acer Aspire M5, sertifikat, serta uang tunai sebesar Rp. 6.000.000,- Selain itu, Dewan Juri juga akan memilih 2 orang guru penerima penghargaan khusus yang masing-masing berhak mendapat 1 unit ultrabook Acer Aspire M5 dan uang tunai sebesar Rp.3.000.000,-.

Guru Era Baru terpilih akan mendapat kesempatan berbagi pengetahuannya seputar pendidikan melalui berbagi kegiatan Acer Guraru, baik secara online maupun offline (seminar dan workshop).

Dari tanggal launchingnya 1 Agustus hingga 7 Agustus 2012 ini telah terdaftar 45 buah blog guru. Setiap harinya terus bertambah.  Andapun bisa menominasikan blog pendidikan Anda atau blog guru-guru lain. Siapa tahu bisa menyusul prestasinya guru yang mendapat penghargaan Acer Guraru Award; yaitu: Pak Urip (guru Kimia MAN Pangkalan Bun) dan Pak Agus Sampurno (guru SD Internasional Global Jaya, Jakarta), atau guru yang mendapat penghargaan khusus, Pak Sawali (guru SMP 2 Pegandon, Kendal) dan Pak Wijaya Kusumah (guru SMP Labschool, Jakarta) atas konsistensinya berbagi mengenai pendidikan melalui blog dan media sosial.

Syarat dan ketentuan nominasi Acer Guraru Award 2012

  1. Aktif berkontribusi di dunia pendidikan Indonesia melalui media blog dan media sosial lainnya (Twitter, Facebook, forum, dll.)
  2. Blog yang dinominasikan berusia minimal 1 tahun (sejak Juli 2011)
  3. Blog yang didaftarkan dikelola oleh guru (pribadi) dan bukan milik kelompok atau sekolah
  4. Seluruh profesi guru (tidak harus anggota PGRI/IGI) boleh turut serta, termasuk guru honorer, guru privat, serta guru – guru dari Indonesia Mengajar
  5. Blog telah dioptimalkan untuk berbagi pengetahuan dan dilibatkan dalam proses belajar mengajar atau menjadi sarana interaksi antara guru dan murid
  6. Guru mendorong murid untuk pemanfaatan teknologi, khususnya media sosial, secara positif
  7. Aktif berkontribusi di situs www.guraru.org dan media sosial lain (Twitter, Facebook, forum, dan lain-lain.) untuk berbagi informasi dan pengetahuan tentang pendidikan menjadi nilai tambah.

Mekanisme

  1. Setiap orang boleh mengusulkan blog individu guru yang dianggap memenuhi syarat sebagai kandidat
  2. Nominasi dilakukan melalui formulir di situs khusus Acer Guraru Award.  Nominasi dengan cara lain tidak akan diperhitungkan dalam penjurian
  3. Setelah batas waktu penominasian berakhir, Panitia akan memilih 15 kandidat yang akan diusulkan kepada Dewan Juri setelah melalui tahap verifikasi data peserta.
  4. Dewan Juri akan memilih kandidat yang terbaik untuk menerima Acer Guraru Award 2012
  5. Panitia, agensi, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan penyelenggaraan acara tidak diperkenankan untuk mengikuti Guraru Award.

Tahapan Acer Guraru Award 2012

  • Pengusulan nominasi melalui situ Guraru : 1 Agustus – 30 September 2012
  • Verifikasi peserta: 1 – 7 Oktober 2012
  • Pemilihan 15 finalis: 8- 15 Oktober 2012
  • Pengumuman 15 finalis: 16 Oktober 2012
  • Pengumuman pemenang: 19 – 21 Oktober 2012 pada acara Socmedfest2012 di Jakarta

 

 

Jika Anda berminat, silahkan segera kunjungi Acer Guraru Award 2012, Klik Nominasi untuk menominasikan Blog Anda atau Guru Anda!

 

Advertisements

2 thoughts on “Yuk, Nominasikan Blog Anda dan Guru-guru Era Baru di Acer Guraru Award 2012

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s