Memanfaatkan Emoticon untuk Pembagian Kelompok

Dalam pembelajaran, guru kadang memerlukan banyak cara untuk membuat kelompok. Salah satunya bisa menggunakan emoticon.

Emoticon adalah ikon gambar wajah yang menunjukkan perasaan atau emosi seseorang. Biasanya ditemukan di handphone, blog, dan banyak aplikasi lainnya.

Kali ini saya menggunakan emoticon sebagai alat untuk membagi kelompok di kelas. Siapkanlah karton yang digunting dengan ukuran semisal 7cm x 7 cm. Beberapa emoticon yang diminati diprint dengan besar yang sama dan disesuaikan dengan besarnya karton yang dijadikan dasar. Tempelkan emoticon di atas karton tadi.

Jumlah emoticon yang diprint disesuaikan dengan kebutuhan kelompok yang akan dibuat. Kartu emoticon ini saya pergunakan hanya sebagai alat untuk membagi kelompok saja. Tujuannya tentu saja agar mereka tidak berkumpul hanya dengan teman-teman dekatnya. Variasi pembagianpun bisa dilakukan berganti-ganti cara. Misalnya, guru membagi 6 macam kartu emoticon sejumlah masing-masing 5 lembar dengan tujuan untuk membentuk 5 kelompok dalam kelas. Kartu dibagikan secara acak kepada semua anak. Setelah itu guru bisa mengumpulkan 6 orang anak yang memiliki kartu berbeda dalam tiap kelompoknya. Cara kedua, guru bisa mengumpulkan anak yang mempunyai emoticon sama.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s