Puasa (yang ) Bisa Mengakibatkan Kegemukan

 

Buka puasa menjadi momen yang paling dinanti oleh muslim di manapun berada. Apalagi jika hari yang dilewati begitu melelahkan dan cuaca terik menyengat. Walhasil, terbayanglah minuman-minuman dingin warna-warni menyegarkan dan menggugah selera untuk berbuka maghrib nanti.

Keadaan ini membuat bukan hanya anak kecil yang sedang belajar puasa, namun orang tuapun sering melakukan balas dendam dengan memakan dan meminum melebihi ukuran yang dianjurkan. Menurut Dr. Ari Fahrial Syam (19/7), Praktisi Klinis RSCM, justru kebiasaan balas dendam ini menjadi salah satu penyebab orang berpuasa mengalami kenaikan berat badan. Berdasarkan penelitian, jumlahnya bisa mencapai 5 hingga 10 persen.

Budaya balas dendam seperti ini membuat kita makan dan minum terlalu banyak saat berbuka. Padahal, sejatinya bulan Ramadhan adalah bulan untuk melatih kita menahan nafsu, termasuk tentu saja nafsu makan dan minum. Takaran berlebih ini tentu saja mengarah juga pada jenis makanan yang kita makan dan asupan gizi yang terabaikan. Saking merasa lemasnya di siang hari membuat kita ingin berlebih-lebih memakan makanan manis. Belum lagi pada umumnya makanan yang biasa disantap selama berbuka adalah yang berlemak atau kolesterol tinggi.

Hal kedua yang dikatakan Dr Ari adalah adanya pengurangan aktivitas yang justru akan membuat kita malas bergerak. Selama ramadhan banyak orang berpegang teguh pada keyakinan bahwa tidur adalah ibadah, padahal tidur sepanjang hari selagi Ramadhan tidak dianjurkan baik secara medis maupun agama karena banyak hal negatif yang ditimbulkannya. Makan minum banyak, badan tidak bergerak, apalagi yang dinanti selain tubuh menjadi lebih besar?

Dua hal yang diungkapkan Dr. Ari tersebut cukuplah membuat kita menyadari bahwa puasa adalah momen berharga yang diwajibkan oleh agama dan dianjurkan oleh praktisi kesehatan manapun untuk memberi kesempatan pencernaan khususnya beristirahat dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Berpuasa yang baik dan budaya berbuka tanpa emosi menjadi penting agar manfaat ramadhan secara fisik bisa kita dapatkan.

Selamat berpuasa.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s