Membuat E-KTP, sehari Tidak Produktif

 

antri…

Dua pekan yang lalu saya dan suami mendapat panggilan membuat KTP elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-KTP. Sabtu saya menyimpan formulir di kelurahan sekitar pukul 13.00. Lalu, karena urutan 283 dan sekarang masih urutan 120-an maka saya diminta datang kembali pukul 21.00. Akhirnya, selepas isya saya kembali ke kelurahan namun ternyata sepi. Menurut salah seorang yang saya temui di lokasi, pembuatan e-KTP akan berlanjut hari Senin karena operatornya kecapean.

Wow. Iya juga ya… apa tidak jenuh dan capek tuh para operator setiap hari bahkan sampai malam hari melakukan kegiatan sama yang menjenuhkan? Pantas saja, pelayanannya kadangkala dipenuhi suasana judes-judes dikit dari sang operator.

Senin itu, karena sudah masuk kerja, saya ijin kira-kira pukul 09.00 pagi untuk melanjutkan antrean. Sampai di kelurahan, ternyata antrean masih panjang, itupun antre para pembuat e-KTP yang tertunda dari Sabtu kemarin. Orang-orang sudah mulai gelisah, termasuk saya tentu saja. Bosan menunggu, mau ditinggalkan, tanggung kadung menunggu. Begitulah, akhirnya nyaris tiga jam mengantri untuk pelaksanaan yang hanya butuh waktu 5 sampai 10 menit. Menghabiskan jam-jam produktif saya di pagi hari. Demi e-KTP.

Jadinya kapan, Pak  ?

Kayaknya sih nanti tahun depan, Bu.

Ow.. makasih…

Your message

