Malam ini, Sosial Media Dipenuhi Kegalauan

 

13416011151337544080

Ilustrasi/Admin (Shutterstock)

Malam ini pengumuman SNMPTN tertulis. Berhubung ribuan calon mahasiswa menanti kabar-kabar mendebarkan ini, maka semua akses yang menuju ke pengumuman ini macet total.

Sebagai guru yang juga turut menanti kabar-kabar mereka, akhirnya sayapun memantau lewat sosmed saja. Baik Facebook ataupun Twitter. Dan seperti dalam dugaan, satu persatu kegalauan mereka datang juga. Kabar-kabar duka mulai terlihat dari status dan kicauan anak-anak lulusan SMA ini. Kekecewaan nampak jelas dari nada-nada tulisan mereka.

Sebagian memang merasa  sudah tenang karena sudah mempunyai pilihan lain di universitas swasta yang terlebih dahulu didatangi. Namun, namanya juga mimpi kuliah di PTN ternama, tetap saja kegalaun memenuhi kicauan mereka.

Enaknya, di sosmed ini siswa saya saling berteman satu sama lain, termasuk dengan kakak-kakaknya yang sudah lulus beberapa tahun lalu. Dari obrolan mereka, syukurlah anak-anak ini saling menenangkan diri satu sama lain. Bahkan saling menasehati untuk terus bangkit dan tidak terpuruk.

Kakak-kakaknya yang sudah kuliah juga berani mengatakan bahwa ternyata tidak ada bedanya sekolah di negeri atau swasta, yang penting bagaimana kita bisa menempatkan diri menjadi orang berprestasi di manapun. Mengingat perguruan tinggi swastapun sekarang ini kualitasnya sudah mumpuni, maka sudah saatnya memang anak-anak memikirkan bukan sekedar kuliah namun masuklah ke jurusan yang memang diminati. Kuliah ini diharapkan menjadi modal untuk meniti karir. Jadi, ketika dari awal sudah dipikirkan matang-matang mau kerja di bidang apa, kuliahnya di bidang yang mendukung, dunia kerja serasa indah dilalui. Tanpa paksaan dan bayangan ketidakmampuan.

“Ini bukan akhir cerita”, kata Ramanda, salah seorang siswa yang gagal SNMPTN kali ini “Ini bahkan awal kata dari sebuah alinea “

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s