1 Juni 1968 : Hellen Keller Tutup Usia

Hellen Keller. sumber image : wikipedia

Anda mengenal sosok Hellen Keller ? Perempuan buta, tuli dan bisu ini telah mengisnpirasi banyak orang untuk tetap berkarya dan penuh semangat.

Helen Keller lahir di Tuscumbia, Alabama pada 27 Juni 1880. Ayahnya, Arthur H. Keller, seorang editor untuk Alabamian Utara, dan menjadi tentara sekutu selama Perang Saudara Amerika. Pada saat usia Hellen menginjak 19 bulan dia menderita sakit yang mengakibatkan tuli dan buta. Tuli dan buta inilah yang membuatnya menjadi bisu.

Dalam bukunya, The Story of My Live, Hellen mengisahkan bahwa ketika dia masih kecil, terjadilah suatu peristiwa yang tidak terduga. Hellen menderita suatu penyakit yang dia tulis sebagai acute congestion of the stomach and brain. Bahkan dokter memvonisnya tidak akan bertahan hidup. Namun akhirnya dia mampu bertahan walaupun harus buta dan tuli.

Hellen lalu disarankan untuk mendatangi Perkins Institut, dan mendapatkan seorang guru bernama Anne Sullivan. Miss Sullivan lalu mengajarkan Hellen berbagai keterampilan, termasuk bagaimana menyambungkan antara objek benda dengan kata-kata. Anne mengatakan bahwa semua benda punya nama.

Dalam bukunya, Hellen bercerita bahwa dia dan bu guru berjalan berjalan menyusuri jalan setapak menghirup aroma dari honeysuckle. Lalu terasa olehnya guru meletakkan tangannya di bawah cerat  dan memancarlah air di atasnya. Satu tangannya lalu mengeja kata air. Seluruh perhatian Hellen  terpaku pada gerakan jari-jarinya, dan tiba-tiba Hellen merasakan kesadaran dan sebuah sensasi luar biasa dalam pikirannya. “.. dan entah bagaimana misteri dari bahasa mulaii terungkap bagi saya. Saya tahu saat itu bahwa “air” berarti sesuatu yang luar biasa yang mengalir di tangan saya “.

Lambat laun akhirnya Hellen menemukan bahwa setiap benda mempunyai kata. Tentu saja ini terjadi karena Hellen bertemu seorang guru yang tepat, guru yang luar biasa.

Miss Sullivan mengajarkan Hellen  keterampilan dan  mengasah bakatnya. Pada usia 16 Hellen lulus ujian penerimaan untuk Radcliffe College. Otobiografi pertamanya sendiri yang berjudul The Story of My Life ditulisnya ketika kuliah. Buku ini diterbitkan dalam Ladies’ Home Journal lalu dibukukan tahun 1902.  Pada saat ia lulus pada tahun 1904 ia sudah menguasai lima bahasa.

Suami Anna Sullivan lalu memperkenalkan Hellen Keller pada pandangan politiknya. Hal inilah yang lalu mempengaruhi Hellen untuk menjadi seorang sosialis dan aktif dalam beberapa kampanye. Hellen juga termasuk orang yang mendukung pengendalian kelahiran, serikat buruh dan menentang hukuman mati dan pemakaian pekerja anak.

Helen Keller meninggal di Wesport Connercticut, 1 Juni 1968, 44 tahun yang lalu.

sumber : http://www.spartacus.schoolnet.co.uk/USAkeller.htm

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s