Wahai para Guru, Ubahlah Cara Mengajarmu !

Sebuah resensi  dari buku dengan judul asli Teachers, Change your Bait – Compatible Differentiated Instruction karya Martha Kaudfeldt.

sumber : Penerbit Indeks

Cukup menarik, ketika Martha memulai tulisannya dengan mengulas betapa pentingnya mempelajari tugas otak dalam proses pembelajaran. Pembelajaran akan sukses jika otak diposisikan dengan tepat. Dengan kata lain, segala sesuatu yang mempengaruhi cara otak bekerja harus diperhatikan oleh guru. Termasuk di dalamnya adalah iklim dan lingkungan kelas.

Iklim dan lingkungan ruang kelas harus kondusif untuk pembelajaran. Jika ruang kelas secara fisik tidak nyaman atau memiliki atmosfer yang mengancam maka kemampuan otak siswa untuk berfungsi dengan baik akan rendah. Termasuk di dalamnya bagaimana secara emosional guru mampu memberikan kondisi mentalitas yang nyaman buat siswa. Guru harus juga tahu bahwa stress dan ketakutan siswa akan bereaksi pada otak siswa.

Ketika siswa merasakan ancaman, intimidasi, tidak diikutkan, bingung, tidak mampu atau secara fisik tidak aman, maka otak mereka akan menanggapi secara reflex dan bergeser kea rah pertahanan diri, bukan pada proses belajarnya itu sendiri.

Di dalam buku ini, Martha menganjurkan guru untuk mampu mengembangkan profil siswa dan menyesuaikan pengajaran dengan kebutuhan individual mereka. Guru harus berusaha mengumpulkan dan mengatur data untuk menciptakan riwayat-riwayat pembelajaran masing-masing siswa. Dengan begini, guru akan mampu mengukur kekuatan-kekuatan multiple intelligences yang kemungkinan dimiliki siswa, gaya belajar yang berbeda, minat siswa, serta melihat pengetahuan awal masing-masing siswa.

Martha menyajikan juga panduan mendeteksi delapan jenis kecerdasan pada siswa juga bagaimana mengenali tahap-tahap perkembangan siswa dari beberapa kelompok umur.

Di dalam kelas, menurut Martha, guru harus mampu mengelola keanekaragaman siswa karena kemampuan otak ditingkatkan juga oleh interaksi social yang positif. Sementara itu, identitas diri dan kemampuan belajar sangat dipengaruhi oleh hubungan antar siswa yang tidak bersaing dan perasaan siswa yang merasa diikutkan dalam suatu kelompok social.

Martha menyajikan berbagai macam gagasan dan kisah inspiratif untuk merangsang guru melakukan persiapan menghadapi siswa dengan tetap memperhatikan kebutuhan siswa yang berbeda.

Isi buku ini:

(1) Unsur kunci pembelajaran yang sesuai otak,
(2) Menyusun profil siswa,
(3) Menganekaragamkan lingkungan fisik,
(4) Menganekaragamkan lingkungan sosial,
(5) Meragamkan presentasi pengajaran,
(6) Menganekaragamkan isi pelajaran,
(7) Menganekaragamkan proses pengajaran,
(8) Menganekaragamkan produk pengajaran,
(9) Mengelola berbagai variabel pada kelas yang terbeda-bedakan,
(10) Menggunakan pemeriksaan siswa untuk merencanakan pengajaran dan mendapatkan umpan balik

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s