Seperti Dajjal, Maskot Olimpiade 2012 Diperdebatkan

 

Wow.. mascot olimpiade London 2012 jadi perdebatan public. Tentu saja, karena dia bermata satu. Bagi Indonesia yang mayoritas muslim, si mata satu ini tak ubahnya seperti Dajjal.

Biasanya, sekaligus sebagai ajang promosi Negara penyelanggara olimpiade, symbol yang dipakai berupa binatang khas Negara tersebut. Namun kali ini London menampilkan suatu hal yang berbeda dari kebanyakan Negara, Wenlock dan Mandeville adalah animasi yang menampilkan dua tetes baja dari industri baja di Bolton.

Wenlock rupanya diambil dari nama kota Much Wenlock di Shropshire, sedangkan Mandeville diambil dari nama Stoke Mandeville, sebuah desa di Buckinghamshire tempat pendahulu Paralimpiade diadakan. Rupanya, London lebih ingin memperkenalkan nama daerah Wenlock dan Mandeville dengan ilustrasi yang futuristic tersebut.

Simbol si mata satu ini juga sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Pernah ditemukan di dalam sebuah artefak Mesir Kuno, bahkan di film Spongebob si Plankton pun bermata satu.

Gambaran maskot olimpiade London kurang lebih begini : Wenlock memakai cincin Olimpiade dalam bentuk gelang persahabatan, dan kepalanya terbentuk dalam bentuk podium medali. Mandeville adalah kepala berbentuk seperti helm sepeda balap. maskot Masing-masing memiliki satu mata di tengah-tengah wajahnya mewakili sebuah lensa kamera yang akan menangkap pengalaman mereka dalam perjalanan ke 2012.

Sudah bisa diprediksi, mascot ini akan pula dijadikan boneka anak-anak, souvenir, gambar pada kaos, tas, dan sebagainya.Menghiasi kehidupan anak-anak di seluruh dunia demi gelaran akbar olimpiade.

Beberapa orang mungkin tidak peduli arti dari symbol mata satu ini. Namun, yang lainnya jelas-jelas memperdebatkan masalah ini sebagai masalah rasisme.

Kita sendiri tidak tahu ada apa dibalik London meluncurkan si mata satu ? Sebagai ajang olah raga terbesar dunia dan dinanti banyak orang, sudah selayaknya London memang mengapresiasi keinginan seluruh warga dunia tanpa menyudutkan rasisme dan agama di dalamnya. Semoga saja tidak timbul hal-hal negatif lainnya di balik maskot ini

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s