Bahasa Gaul Tempo Dugulugu (Dulu), Muncul Lagi …

 

Ketika naik angkutan umum, ada beberapa anak SMA putri di dalamnya. Cekakak cekikik, anak-anak ini ngobrol dengan bahasa isyarat. Kurang lebih seperti ini:

“Cogowogok yagang digi degepagan kigitaga, cagekegep bagangeget”, kata pelajar 1

“Igiyaga, tagapigi ugudagah bagawaga aganagak. Gagak agasigik”, kata pelajar 2. Mereka cengengesan lagi.

Saya yang mendengarkan obrolan rahasia tersebut, menoleh ke arah mereka. Perasaan, saya kenal dengan gaya bahasa ini. Artinya kurang lebih : cowok yang di depan kita, cakep banget + iya, tapi udah bawa anak, ga asik.

Tahun 80-an gaya bahasa tersebut muncul. Kira-kira saya SMP dan SMA. Lalu, ketika saya mendengar lagi sekarang, mungkin saja ada orang “dulu” yang sempat mengajari mereka. Caranya adalah setiap satu suku kata ditambah huruf ga/gi/gu/ge/go, tergantung vokal terakhirnya. Jika vokal terakhirnya a maka + ga. Contoh baca menjadi bagacaga, kayu menjadi kagayugu. Herannya, bahasa ini juga ada di tempat teman-teman saya yang berasal dari daerah lain. Namun, dengan variasi yang berbeda. Ada yang memakai ga ada juga yang memakai pa. Guru menjadi gupurupu, makan jadi mapakapan.

Lalu, saya menoleh penasaran ke arah lelaki yang dimaksud oleh anak-anak ini. Ternyata memang ganteng, dan benar, membawa anak. Lelaki tersebut menatap saya sambil tersenyum.

“Megeregekaga ngogomogongigin sagayaga bugu…”.

(Mereka ngomongin saya bu…).. haha.. gubrak, ternyata yang diomongin ngerti juga bahasa begitu.

dari kumpulan kompasianaku : http://muda.kompasiana.com/2012/03/16/bahasa-gaul-tempo-dugulugu-dulu-muncul-lagi/

Your message

