Uang Kecil untuk Orang Kecil

 

Kemarin berkesempatan pergi berdua teman. Di tengah perjalanan ada seorang pengemis muda menadahkan tangannya meminta belas kasihan. Saya langsung mengeluarkan dompet dan sibuk mencari-cari recehan. Diberikanlah beberapa uang logam pada pengemis tersebut.

Setelah sang pengemis pergi, teman saya langsung menegur saya. “Repot banget sih setiap ada yang minta-minta ?”

Ya iyalah…nyari recehan kan susah

Kenapa harus kasih uang kecil ?”

Loh, jadi harus uang besar, gitu ?

pertanyaan yang seharusnya tidak saya lontarkan. Sepanjang perjalanan saya jadi memikirkan kata-kata itu. Terngiang terus. “Mengapa harus memberikan uang kecil pada orang kecil? Apa salahnya memberikan uang besar pada orang kecil?’

Suatu refleksi harian, sebenarnya. Betapa banyak orang, termasuk saya, akan memberikan uang recehan pada pengemis. Betapa banyak orang ketika kondangan, misalnya, akan melihat-lihat dulu siapa yang akan didatangi. Kalau seorang pejabat maka uang kondangannya besar, tapi kalau orang biasa saja, maka otomatis uang kondangannya juga kecil. Padahal sejatinya, orang besar apalagi ternama dan pejabat pastilah mempunyai uang yang banyak. Jadi, mereka tidak perlu lagi diberi uang besar. Tapi kalau orang kecil, pastilah dia membutuhkan uang banyak, kenapa pula kita memberikan yang kecil ?

Semoga Allah mengampuni setiap niat yang salah atau suatu kekhilafan yang kadang kita lupa dan terlambat menyadarinya.

Saya jadi lantas teringat sesuatu. Tentang kasus suap menyuap yang sedang trend di negeri ini. Berdasarkan filosofi kisah di atas, saya jadi menduga-duga sesuatu. “Semakin besar nama dan jabatan orang-orang yang terlibat, pastilah suapannya juga semakin besar “.

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/03/04/uang-kecil-untuk-orang-kecil-uang-besar-untuk-orang-besar/

4 thoughts on “Uang Kecil untuk Orang Kecil

Your message

