Selamat Jalan Pak Djohan Ramli

 

Innalillahi wa inna ilaihi roojiuun.

Saya menghela nafas agak lama. Berita ini merupakan duka buat saya. Saya merasa kehilangan. Anda mungkin tidak mengenal beliau. Almarhum Djohan Ramli, dulunya adalah seorang bendahara di foundation tempat saya bekerja. Saya pun tidak terlalu mengenal beliau karena kedudukannya yang lumayan tinggi tidak bisa membuat saya merasa harus terlalu dekat. Apalagi setelah beberapa tahun kemudian, beliau harus keluar dari foundation ini.

Namun, ada hal kecil yang ternyata saya selalu mengingatnya sebagai kebaikan beliau. Hal-hal kecil tersebut mungkin tidak begitu berarti buat seorang pemimpin namun ternyata saya merasakan dan mengingatnya hingga nyawa tak lagi di badan.

Beliau yang bersahaja, selalu memberikan salam dan menyapa. Bertanya apa kabar atau sekedar melambaikan tangan.

Beliau yang ramah, pernah suatu ketika sengaja mengundang saya hanya untuk mengajak saya berbincang dalam bahasa Inggris karena menurut beliau kemampuan bahasa inggris saya lumayan. Sesuatu yang kecil bukan ? Namun itu luar biasa buat saya. Ternyata sampai sekarang saya menilainya sebagai dukungan moral agar saya tetap bersemangat berbahasa inggris.

Beliau yang dulu sudah tidak lagi muda, tetapi tetap mau mendengarkan keluhan. Tentang tempat penitipan anak yang perlu kasur lagi. Tentang hobi fotografi yang harus dikembangkan terus. Tentang masa depan yang harus dirajut dengan mimpi-mimpi. Tentang cita-cita yang harus gigih dikejar.

Hari ini saya kehilangan figur pemimpin yang peduli pada bawahannya. Semoga hal ini dapat diwarisi oleh pemimpin-pemimpin sekarang.

Selamat jalan, Pak. Semoga Allah menempatkan engkau di sisiNya. Mengampuni segala dosamu. Memberikan ketabahan bagi yang kehilangan.

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/03/06/selamat-jalan-pak-djohan-ramli/

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s