Mencari Bupati Bekasi yang Cerdas dan Peduli : Debat Calon di Metro TV

 

Rabu malam nanti, 7 Maret 2012, masyarakat banyak bisa menyaksikan Debat Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi Pk. 19.05 di Metro TV.

Menurut swarabekasi.com KPUD sudah menawarkan 7 panelis yaitu Anis Bawesdan, Imam Prasojo, Indria Samego, Afiliani, Yudi Latif, Burhanudin Muhtadi, dan Sujiwo Tejo. Setiap pasangana kandidat calon hanya boleh memilih 3 panelis yang akan memandu jalannya debat kandidat yang juga merupakan puncak dari tahapan kampanye.

Mungkin tidak semua orang mengenal dan menjadi pendukung salah satu kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut, sehigga diharapkan debat nanti malam setidaknya mampu memberikan gambaran siapakah orang yang pantas untuk naik mimbar menjadi orang nomor satu dan dua di Kabupaten Bekasi.

Sebagaimana kita tahu, Bekasi adalah kota yang berbatasan dengan ibukota Jakarta dan berdekatan kota-kota strategis lainnya seperti Bogor, dan Depok. Di Bekasi berdiri beberapa kawasan industry yang memungkinkan Bekasi menjadi tumpuan hidup banyak orang. Bekasi menjadi tujuan tinggal baik untuk sementara maupun menetap kaum urban.

Menurut ketua APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), “Saat ini penjualan tanah di kawasan industri semakin meningkat. Bukan hanya perluasan tetapi juga penambahan jumlah industri itu sendiri,”. Artinya, Bekasi menjadi tempat industry yang semakin berkembang, seharusnya warganyapun makmur. Menjadi PR yang juga berat bagi pimpinan daerah Kebupaten Bekasi di mana ternyata masih banyak rakyat miskin di wilayahnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk diperbaiki, sekedar sumbang saran dari saya adalah:

    • Infrastruktur seperti jalan memang sudah diperbaiki akhir tahun kemarin, tapi cobalah dievaluasi pekerjaan para pemborong tersebut ditambah dengan perawatan jalan yang tetap harus diperhatikan. Jalan-jalanlah ke daerah-daerah yang sering dilalui oleh mobil-mobil truk besar pengangkut pasir atau container pabrik. Biasanya tingkat kerusakan akan lebih sering dirasakan. Sekarangpun masih banyak jalanan bolong dan berlubang yang dikhawatirkan mengakibatkan banyak kecelakaan.
    • Pihak berwajib akankah dapat mengatur beroperasinya mobil-mobil besar seperti truk dan container tersebut untuk tidak ke jalanan di pagi dan sore hari? Coba Anda bayangkan, sebagai pusat industry incaran warga Jakarta, kota Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, dan sekitarnya, jumlah kendaraan roda dua dan empat sangat banyak di pagi dan sore hari. Mereka mengejar waktu dan memacu kecepatannya tinggi, namun masih juga harus berbagi dengan para kendaraan berbadan besar ini, sehingga menimbulkan kemacetan luar biasa di banyak titik jalanan.
    • Dari fenomena nomor dua, antisipasi kepolisian dan DLLAJ (atau yang terkait lainnya?) masih kurang, ini ditandai dengan sering macetnya perempatan jalan karena memang tidak ada lampu merah dan petugas yang datang kadang terlambat.
    • Kriminalitas di Kabupaten Bekasi masih tergolong tinggi, bisa dilihat di siaran-siaran berita televise, walaupun Antaranews.com menyatakan angka tahun 2011 menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Disebutkan pula kejahatan didominasi oleh kasus pencurian dengan kekerasan, penganiayaan berat maupun ringan, pencurian kendaraan bermotor, perjudian, kenakalan remaja, dan berbagai kasus lainya. Paling tinggi didapati pada pencurian kendaraan bermotor. Biasanya kriminalitas macam ini adalah kejahatan berkomplot.
    • Masih banyak bangunan sekolah yang roboh atau rusak yang diberitakan di internet atau televisi. Ini menandakan kurangnya pengawasan bidang pendidikan. Jangan berharap warga sejahtera lahir batin jika masalah pendidikan disepelekan.
    • Datanglah ke RSUD Kabupaten Bekasi, lihat sendiri apa yang harus Anda perbaiki di sana. Saya tak tega mengungkapkannya.
    • Pengguna narkoba di Bekasi, saya yakin termasuk di Kabupaten Bekasi masih tinggi. Subhanallah Pak, jangan sampai rusak generasi mendatang karena barang-barang haram ini yang masih berkeliaran di sekitar anak-anak kita.
    • Ceklah kinerja PNS Kabupaten Bekasi secara berkala dan transparan, sehingga tidak menimbulkan fitnah berkelanjutan yang tetap mengedepankan PNS tidak bekerja maksimal.
    • Masih ada kasus berbau SARA yang ditemukan di kabupaten Bekasi
    • .Masih ada kasus-kasus luar biasa lainnya seperti WNI yang terlibat masalah di luar negeri, mudah-mudahan kasus seperti ini bisa diminimalisir oleh pemerintah kabupaten Bekasi.

Ini beberapa yang sempat saya catat. Semoga kinerja pimpinan daerah Kabupaten Bekasi bisa lebih baik dari sekarang sehingga tercipta suasana aman, nyaman dan damai tinggal di Bekasi , dengan akhlak dan pendidikan yang baik dan tingkat kesejahteraan tinggi.

Debat nanti malam kita nantikan dengan semangat perubahan ! Cerdas dan bertanggungjawablah para pemimpin dalam mengemban amanah. Semangat !!!

http://politik.kompasiana.com/2012/03/07/mencari-bupati-bekasi-yang-cerdas-dan-peduli-debat-calon-di-metro-tv/

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s