Workshop ICT Dasar : Jadikan Internet Alat untuk Belajar dan Berbagi

Sabtu sore, 25 Februari 2012

Survey lokasi ke TKP. Ternyata SDIT Insan Kamil jauuuuh banget dari Setu. Alhamdulillah sampai juga. Perjalanan siang ini mencapai lokasi hampir 1 jam dengan kondisi lalu lintas yang padat. Mudah-mudahan besok lancaar.

Bertemu Ibu Betty, sang pemilik sekolah, saya berbincang sebentar tentang acara esok hari.

Minggu, 26 Februari 2012

Pagi, pukul 07.30 an, saya dan Bu Nunung, Pak Wahidin, dan Pak Nofi Suryono tiba di lokasi workshop. Masih sepi.

beres-beres

Berhubung insan IGI yang baik , maka sebagai penyelenggara kami bebenah ditemani oleh Bu Betty dan Aa Gun sampai lokasi siap dipakai. Tiba-tiba muncullah Pak Bayu… Walaaah… udah beres pa rapi-rapinya. (Hihihi..)

Acara dimulai pukul 08.30 dengan dibuka oleh pengantarnya Bu Betty sebagai tuan rumah dan Pak Taufik sebagai pentolan IGI Bekasi.

Materi dibagi ke dalam 2 bagian:

  1. Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran oleh Aa Gun
  2. Sosial Media dalam Pembelajaran oleh Mbak Susi

Dalam sambutannya, Bu Betty merasa sangat senang “ketempatan” pasukan IGI yang bersedia menularkan ilmu internet apalagi manfaatnya untuk pembelajaran. Sebagaimana kita tahu, tahun 2012 yang sudah dikatakan modern pun belum tentu semua guru memahami bahwa internet itu bermanfaat. Apalagi di wilayah-wilayah pedalaman.

Pun Pak Taufik. Sama-sama berharap bahwa yang dilakukan teman-teman dari IGI Bekasi bisa memberikan manfaat bagi para guru untuk saing berbagi, sesuai motto IGI, sharing and Growing Together.

Dalam materi Pengenalan Internet, Aa Gun menjelaskan tentang:

  • Pengenalan internet (search engine/browser)
  • Pengenalan e-mail
  • Membuat e-mail (yahoo dan gmail)
  • Mengelola e-mail (mengirim, melampirkan file, membuka e-mail).

Ternyata, walaupun sudah memiliki akun facebook, banyak dari peserta belum tahu bagaimana caranya membuat email (surat elektronik/surel).

Dengan Workshop ini, diharapkan guru-guru membuka diri untuk menerima perubahan. Karena pemanfaatn ICT diharapkan dapat dijadikan ajang untuk guru melakukan Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Diri (Growing), Peningkatan Mutu/Kualitas Pendidikan, dan bahkan juga bisa untuk Peningkatan/Penambahan Income.

Di sini guru-guru mendapatkan pengetahuan tentang penyedia layanan sarch engine, seperti internet explorer, firefox, opera ataupun google chrome.

Materi kemudian meluas hingga penggunaaan layanan surat menyurat (email). Peserta mulai antusias. Apalagi sejak memahami bahwa email yang dibuat menjadi sebuah kunci agar bisa membuka akses-akses layanan yang lain.

Setelah selesai membuat email, peserta belajar menulis dan mengirim pesan serta berdialog dalam milis IGI Bekasi. Setelah itu mulai mempraktekkan bagaimana mengirim surat dengan menyertakan lampiran.

Pada sesi kedua, peserta lebih merasa hidup lagi karena materi yang dibawakan Mbak Suzi adalah  tentang pemanfaatan sosial media dalam hal ini jejaring sosial seperti facebook hingga twitter dalam pembelajaran. Mengapa demikian? karena sebenarnya guru-guru sudah sangat mengenal facebook. Untuk beberapa kalangan, twitter memang belum banyak diminati. Namun FB dan twitter ini sebenarnya bisa dikelola untuk membantu proses pembelajaran dan komunikasi dengan semua orang.

FB dan twitter juga bisa dipakai untuk mendapatkan

ilmu dari orang-orang satu profesi dengan cara sharing pengetahuan dan pengalaman. Gurupun bisa saja membuat group khusus yang berisi para siswa untuk membantu proses pembelajaran.

Acara begitu terasa singkat hingga pk. 12.00 tepat  harus diakhiri. Peserta yang antusias terpaksa harus melanjutkan tutorialnya lewat FB, twitter atau millis IGI Bekasi. Namun, sekali lagi, waktu dan jarak  janganlah menjadi penghalang untuk belajar dan saling berbagi. Sampai jumpa di pembelajaran dan komunikasi era baru.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s