Membantu Siswa Memahami Multiple Intelligences

Zaman memang sudah berubah. Sebagai guru, saya juga seharusnya menyikapi perubahan ini dengan melakukan sesuatu yang sebanding dengan kemajuannya. Semisal, sekarang saya bisa berbagi tugas dengan internet untuk mengajak anak-anak di kelas mengarungi indahnya dunia luar.

Harus diakui, tidak semua siswa dan sekolah berkesempatan menikmati dunia pendidikan dengan menggunakan ICT. Saya patut bersyukur karena di tempat saya mengajar sudah ada internet yang bisa digunakan siswa. Kalaupun tidak begitu, saya bersyukur mendapatkan siswa yang tidak kesulitan untuk mempunyai laptop dan modem sendiri. Artinya, di rumahpun saya masih bisa memantau pekerjaan siswa dan siswa sendiri bisa mengerjakan tugas di rumahnya masing-maing.

Ada banyak hal yang bisa dishare kepada siswa  lewat perantara internet. Yang biasa saya lakukan semisal siswa mengirim tugas untuk presentasi dalam bentuk powerpoint ke email saya. Artinya, saya dan siswa mutlak mempunyai email sendiri. Saya sendiri menyediakan blog yang berisi materi dan soal-soal latihan untuk pelajaran yang saya ampu.

Setelah saya perhatikan, tugas yang dibuat siswa sebagian besar diperoleh dari internet. Saya ambil positifnya saja, karena dengan begitu pengetahuan mereka akan bertambah banyak. Untuk menghindari pelebaran materi yang tidak penting, maka saya berikan rambu-rambu berupa indikator pembelajaran.

Asiknya bekerja dengan ICT adalah kita bisa menyaksikan siswa mengeksplor kemampuan mereka dan mencari kebutuhan mereka sendiri. Kreatifitas mereka terlihat jelas dari pekerjaan-pekerjaan yang mereka hasilkan.

Dengan internet jugalah siswa bisa mengetahui ilmu-ilmu lain yang memang tidak bisa diberikan sepenuhnya di dalam kelas. Semisal dengan pembelajaran Leadership di kelas X untuk materi pengambilan keputusan kemarin, saya memberikan tugas kepada siswa untuk mengisi kuesioner tentang multiple intelliginces yang mereka miliki. Kuesioner ini menjadi media pembelajaran yang cenderung lebih disukai anak-anak karena online, berbahasa Inggris, colorfull, dan lebih menantang. Hasilnya diprint.

Akan tertera tiga kecerdasan yang mendominasi siswa diiringi oleh penjelasannya dan cara-cara untuk menggunakan kecerdasan ini. Hasil inilah yang kemudian mengantarkan kami pada diskusi bahwa setiap orang bisa  mempunyai kecerdasan yang berbeda. Bagian logic/math, languange, spatial, musical, body movement, intrapersonal,  nature, dan social bisa saja urutannya  tidak sama. Saya ingin mengantarkan mereka memahami bagaimana mengambil keputusan untuk penjurusan di kelas XI nanti. Mau IPA atau IPS, hendaklah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Hasil print juga saya minta untuk diberikan kepada orang tua, pembimbing akademik dan guru BK. Bisa menjadi referensi untuk mengkomunikasikan kemampuan yang dimiliki, minat siswa sendiri, keinginan orang tua, dan saran dari pembimbing akademik  dan guru BK. Harus diketahui bahwa peran orang tua dalam penjurusan masih sangat besar. Beberapa malah terasa “memaksa” untuk masuk ke jurusan tertentu. Belum lagi pengaruh teman yang juga masih dominan. Jika banyak teman memilih masuk jurusan tertentu, maka akan banyak anak berbondong-bondong untuk masuk ke dalamnya.

Saya ajak siswa memahami bahwa hasil simulasi multiple intelligences ini sifatnya hanya untuk memahami diri sendiri dan membelajarkan bagaimana caranya mengambil keputusan. Bahwa keputusan yang diambil harus dengan pemikiran yang matang dan data yang lengkap. Setiap sekolah bisa saja memiliki persyaratan berbeda dalam hal penjurusan. Ada yang menggunakan nilai rapor, hasil psikoltest, tes penjurusan, atau bahkan gabungan dari ketiga syarat tersebut.

5 thoughts on “Membantu Siswa Memahami Multiple Intelligences

  1. Pingback: Membantu Siswa Memahami Multiple Intelligences • Guraru

Your message

