Mengenalkan Bisnis Online pada Siswa

 

Saya mengenal blog baru dua tahun, sampai sekarangpun masih dalam tahap belajar. Sebagai guru saya pun mengenalkan dunia ini pada anak didik saya. Nyata sekali, blog sudah merupakan sebuah alat untuk memudahkan proses belajar mengajar.  Siswa bisa mengumpulkan tugas dalam blognya sehingga bisa menjadi suatu penilaian portofolio yang terdokumentasi dengan baik. Saya bisa menyimpan materi pelajaran yang baru saja diajarkan dan lebih dari itu, blog menjadi  lahan  belajar tempat siswa berkreasi mengembangkan otak kanan dan kirinya agar seimbang. Di sana mereka bersenang-senang dengan menulis dan menghias blog menggunakan  tampilan yang mereka senangi.

Saya tidak menduga mereka ternyata bisa membuat blog dengan variatif dan  menemukan hal-hal baru sendiri tanpa saya ajarkan. Untunglah, karena sayapun masih belajar. Yang saya tahu masih sangat standar, termasuk pengetahuan tentang berbisnis online, namun ternyata di luar sana dunia bisnis sudah sangat luar biasa, terutama dengan kecanggihan internet. Saya pernah mengikuti pelatihan blog dengan pembicara-pembicara hebat, namun saya tidak menduga bahwa ternyata ada juga Sekolah Blog khusus yang mampu membuat blog kita menghasilkan dollar. Sekolah ini mengajarkan bisnis online yang nyata.

Pikiran saya jadi turut melayang-layang , membayangkan jika mempunyai bisnis online juga seperti yang diajarkan Sekolah Blog AstaMedia. Awalnya  saya hanya merasa bahagia menjadi pembuka jalan untuk anak-anak didik saya  mengembangkan diri beraktifitas dengan menggunakan internet secara sehat, namun harapan saya bertambah, selain bisa mengalihkana mereka dari dunia facebook dan games online ke dunia menulis, saya juga ingin mengenalkan  bisnis online kepada mereka  (kelak dalam pembahasan Entreupreuner di waktu yang lain, saya akan menugaskan siswa membuat sample bisnis online).

Kenapa bisnis online ? karena dunia dan kecanggihan tekhnologinya sekarang sudah sangat luar biasa. Sampai-sampai mencari uang bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa harus keluar rumah. Bisnis dilaksanakan lewat dunia maya, sehingga kita tidak perlu lagi sewa lapak besar-besar di pasar atau di mall. Yang menjalankannya adalah si tekhnologi itu sendiri.

Bisnis online adalah bisnis yang mempunyai harapan sukses yang sangat besar karena :

  1. Riset yang dilakukan oleh MarkPlus Insight menghasilkan data bahwa jumlah pengguna internet pada tahun 2011  saja sudah mencapai 55 juta orang usia produktif (http://dailysocial.net/2011/10/28/survei-markplus-insight-pengguna-internet-di-indonesia-55-juta/). Belum lagi tambahan dari luar negeri. Artinya, pasar potensial sudah sangat menjanjikan. Sepuluh persen saja dari mereka membeli produk kita maka itu berarti usaha kita akan berumur relatif lebih panjang. Dari riset terkuak pula pertumbuhan bisnis (jual beli) online sebesar 100 persen pada tahun 2011 dibanding tahun sebelumnya.
  2. Bisnis online bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Tak kenal batasan usia, pekerjaan, ataupun gender. Malah yang sering tampil di layar facebook adalah bisnis online para wanita.
  3. Tidak ada batasan jenis produk yang harus kita jual. Artinya, semua jenis produk memungkinkan untuk dipasarkan lewat internet.

Ketika saya menjambangi blog-blog siswa saya, ada satu blog yang menarik  karena dia menampilkan foto-foto dari Looklet yang dia buat sendiri. Looklet adalah sebuah website yang memungkinkan kita mengkombinasikan fashion lengkap dari baju, sepatu, asessoris atau tas dari perancang dunia. Yang mengagumkan adalah motivasi yang timbul dari hasil jalan-jalan mereka menjelajahi Looklet, justru mereka menginginkan lebih dari sekedar permainan. Salah seorang siswa sangat ingin suatu ketika bisa memadupadankan banyak baju rancangannya sendiri mirip seperti yang mereka lihat dan lakukan di Looklet, lalu menjualnya lewat dunia virtual.

looklet ananti putri

Anak-anak sekarang memang bisa berekspresi lebih dengan adanya tekhnologi internet. Hanya membutuhkan kemauan untuk membuat sesuatu lain dari yang lain. Karena tidak masalah kita membuat hal yang sama dengan orang lain, yang terpenting adalah kita membuat dengan cara yang berbeda dari yang biasa dilakukan orang lain.

Advertisements

4 thoughts on “Mengenalkan Bisnis Online pada Siswa

  1. coba cek link ini gan:

    http://signup.wazzub.info/?lrRef=5ce00

    link ini untuk membawa anda menjadi pengangguran namun sukses…

    cara nya daftar kan diri anda di sini, website ini sama seperti Google,,,
    selama anda OL anda menggunakan mesin pencarian google untuk mencari tugas tapi tanpa anda ketahui sembari anda mencari tugas google sudah mengantongi $ yang begitu banyak… bayangkan $1 per pengunjung setiap hari kalikan saja manusia yang OL setiap hari dan memakai mesin pencarian google kira2 jutaan jiwa kalikan saja jutaan x $1 = …. gila bener google makan sendiri sob!!!

    apa anda mau memperkaya orang ??? he he he
    mending anda memperkaya orang dengan catatan anda mendapat komisi nah mesin pencarian baru WAZZUB ingin membagi sedikit penghasilan (50% keuntungan mereka) kepada seluruh masyarakat dunia yang gabung akan dapat $1/bulan nya tanpa melakukan apa2…

    hanya dengan bergabung saja anda mendapat $1/bulan dan dengan mengajak teman anda mendapat lebih dari itu…. ayo ini gratis dan tidak di pungut biyaya…

    gabung sekarang untuk mendapatkan uang sebanyak2 nya…

    kesempatan mendaftar hanya sampai 9 april 2012 jadi buruan daftar dan ajak teman anda sebanyak2 nya untuk gabung anda tidak akan menyesal karena gaji yang di tawarkan seumur hidup….
    APAKAH ANDA MAU MENJADI PENGANGGURAN SUKSES ????
    PENGANGGURAN SUKSES adalah cita2….
    wujudkan cita2 mu menjadi sukses di sini teman….

    anda tidak percaya?!?!
    kalau begitu anda sama seperti saya waktu pertama kalinya,,,
    tetapi saya berani jamin pikiran anda akan berubah setelah singup dan mebaca FAQ atau fakta-fakta dari mereka.
    bahkan anda tmungkin tidak bisa percaya dengan pendapatan perbulan yang di tawarkan.

    NOTES!!!:
    anda harus punya minimal 3 factor(orang yang anda ajak gabung) sampai dengan 9 april 2012 untuk bisa cashout!!!

    sangat mudah,, copy text ini dan ganti linknya dengn link yang akan anda punya nantinya,share ke Facebook,twitter, dsb…….

    life is choice!!!

    indahnya berbagi^_^

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s