Kemarin Nyalon sekarang Berbekam

 

Pernah mencoba berbekam ?

syaifulmangantjo.wordpress.com

Awalnya saya agak seram dengan bekam yang harus mengeluarkan darah, namun mengingat manfaatnya untuk kesehatan akhirnya dinekat-nekati juga berbekam. Apalagi garansinya dari Rasulullah. “Berbekam /hijamah dapat menyembuhkan dan mencegah 72 macam penyakit” (HR. Bukhari).

Bekam semalam di BRC Grand Wisata adalah bekam saya yang kedua kali. Seperti biasa, saya selalu merasa ngeri dulu sebelumnya, namun setelah dimulai ternyata  tidak berasa sakit sama sekali. Malah, setelah berbekam badan langsung terasa lebih sehat.

Bekam dalam bahasa arab disebut hijamah yang artinya torehan/pelukaan. Pelukaan dalam proses bekam dilakukan pada bagian teratas kulit di mana terdapat pembuluh kapiler, yaitu pembuluh darah yang sangat kecil dan berbentuk seperti serabut sehingga walaupun menimbulkan rasa sakit namun sakitnya hanya sementara dan lebih mirip digigit semut :).

Buat saya,  mungkin karena sugestinya terlebih dahulu makanya bekam menyehatkan saya. Yang kedua, memang darah kental yang dikeluarkan lumayan banyak walaupun tidak lagi berwarna merah pekat. Rasanya racun-racun dalam tubuh saya ikut terbuang semua.

Memang, bekam adalah proses detoksifikasi terbaik karena mampu mengeluarkan darah yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh yang berpotensi menimbulkan penyakit. Jika Anda baru pertama kali berbekam bisa jadi warna darahnya hitam pekat karena mengandung bahan-bahan berbahaya dalam tubuh yang lebih banyak. Bahan-bahan tersebut bisa saja berasal dari makanan/ minuman yang berpengawet, memakai pemanis dan pewarna buatan, penyedap rasa, udara yang penuh polutan, air yang tercemar limbah, obat-obatan kimia dan sebagianya.

Polutan ini mengendap dalam tubuh selama bertahun-tahun tanpa bisa dikeluarkan, maka pada saat pertama kali dibekam darah akan terlihat lebih pekat. Namun pada bekam selanjutnya biasanya darahnya lebih merah segar.

Darah yang dikeluarkan dari proses berbekam bukanlah darah segar biasa, namun memiliki karakteristik berbeda. Darah hasil berbekam biasanya akan menggumpal. Darah kotor tersebut tidak akan terus menerus keluar jika memang sudah habis. Sehingga akan berbeda jumlahnya antara orang yang satu dengan yang lainnya tergantung racun yang terdapat dalam tubuh.

Semalam saya pilih paket bekam biasa dengan harga Rp. 50.000,- . Ada beberapa paket bekam di sana, namun harganya juga berbeda-beda. Saya pilih yang paling sederhana karena waktunya yang sudah agak malam.

Proses bekam diawali dengan sebatan rotan. Setelah tengkurap, saya dipukul-pukul ringan menggunakan rotan. Tujuannya adalah untuk merangsang toksin agar naik ke permukaan kulit dan memberikan relaksasi pada tubuh. Jika toksin sudah naik mendekati permukaan kulit maka akan semakin banyak  gumpalan darah yang dikeluarkan.

Demikianlah, selama proses pembaringan dalam berbekam, saya merenung. Biasanya saya dan kebanyakan para wanita menghabiskan waktu di salon untuk creambath, totok wajah, cuci rambut, dan sebagainya, maka sepertinya  harus dibuatkan jadwal khusus untuk berbekam agar kesehatan tetap terjaga sekaligus kita menghidupkan sunah nabi.

Salam bekam 🙂

 

 

 

 

Advertisements

9 thoughts on “Kemarin Nyalon sekarang Berbekam

  1. Assalamualaikum bu mugi..
    saya juga pernah bekam loh bu,kira2 waktu sebelum ujian.Sama seperti ibu>tapi kata mama itu baik untuk keshetan dan dianjurkan rasul jadi saya ikut bekam,saya ingin merasakan bagaimana bekam.ternyata tidak sesakit yg saya bayangkan…setelah berbekam bafan saya terasa nyaman dan lebih ringan>>
    bu kunjungi blog saya http://putrimeisyaa.blogspot.com/2012/01/resolusi-2012.html trims wassalam

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s