Menilai Kualitas Seorang Pemimpin

 “Kualitas seorang pemimpin dapat dilihat dari cara memberikan alasan dan penilaian “(Tacitus).

Semua orang tahu bahwa memberikan alasan dan melakukan penilaian adalah dua dari banyak pekerjaan pemimpin. Dua hal ini cukup membantu bawahan memberikan penilaian atas kualitas seorang pemimpin.

Memberikan alasan menjadi penting ketika bawahan mulai menunjukkan minat untuk bertanya, memprotes sebuah pernyataan pimpinan, atau sekedar mengernyitkan dahi atas sebuah ucapan yang dilontarkan seorang atasan.

Pemimpin yang cerdas harus mampu mengadaptasi lingkungan dengan memberikan penjelasan yang tepat, benar, tidak ragu-ragu, dan menyakinkan. Tapi bukan berarti pemimpin juga tidak pernah melakukan kesalahan. Di sinilah seninya memimpin. Memberikan alasan dan memadukannya dengan pendapat para bawahan. Pastikan yang berlaku adalah super team, bukan super leader.

Pemimpinpun melakukan tugas rutin menilai bawahan. Penilaian pemimpin yang bertanggung jawab adalah penilaian yang objektif tanpa pandang bulu. Pemimpin harus menyadari dirinya adalah seorang pemimpin yang menentukan masa depan bawahan. Sekali saja Anda melakukan kelalaian dengan membawa subyektifitas atas diri bawahan, maka Anda akan menyesal seumur hidup.Bukan saja atas resiko yang diterima karena kerugian terhadap penilaian yang tidak objektif, namun lebih dari itu, pemimpin yang seperti ini telah menjatuhkan harga dirinya sebagai seorang yang jujur dan dapat dipercaya. Baik di mata bawahan maupun di mata Allah sang maha melihat.

Keberhasilan dan kegagalan dalam semua tindakan, baik bawahan maupun pimpinan adalah suatu keadaan yang tidak mutlak berlaku seumur hidup. Hal ini bisa berubah dan bisa diubah. Maka sebaiknya pimpinan menempatkan reward dan punishment sebagai hal yang turut membantu dia membentuk team yang solid sebagai  kelanjutan  dari penilaian objektif yang dia lakukan.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s