Jakarta Kota Kenangan

Lenong sangat Jakarta, atau Jakarta sangat Lenong ? (Andre Syahreza)

Tiga kali dalam liburan kali ini saya ke Jakarta. Pertama, ke Ancol dalam suatu family gathering di tempat kerja, kedua pada saat ke Pesta Buku Jakarta 2011, terakhir kemarin ke Pasar Tanabang. Cukup sudah untuk sekarang.

Jakarta memang berubah. Lebih sumpek, lebih macet, lebih panas, dan lebih bau. Pastilah banyak kelebihan yang lain yang demi menghormati para pemimpinnya, tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Sebenarnya ada rasa kangen menyelinap di dada ketika akhir Juni kemarin pergi ke Ancol. Melihat gedung-gedung pencakar langit saling mendahului, atau membaui bau sungai Jakarta yang khas, mengingatkan saya pada masa lalu. Pada masa muda ketika masih kuliah. Hehe… Ketika masih mampu berdiri berdesakan di bis Bogor-Jakarta. Sambil memandangi para gedung berdiri, sambil menerawangkan angan-angan tak bertepi.

Bau sungainya tidak lebih harum dari sungai di Kota sana, dan di semua sungai Jakarta yang lainnya saya pikir. Tapi saya pernah juga nekat bermimpi tentang sungai di tengah kota, seperti di negeri orang. Yang di tepiannya rumput hijau lebat. Ada kursi-kursi untuk tetamu yang berkunjung sekedar beristirahat melepas penat. Dengan perahu yang melintas bahagia. Dengan burung-burung beterbangan kejar-kejaran menyantap makanan yang ditebar para pecintanya.

Tiba-tiba bayangan itu harus diganti dengan air sungai yang hitam oleh limbah. Kotor oleh sampah. Bau tak beroksigen, sehingga tak satupun burung sudi mampir. Kursi-kursi penuh pengemis dan gelandangan. Tak satu orangpun melirik dengan harapan.

Cukup Jakarta jadi kota kenangan saja buat saya, bukan kota impian, apalagi kota untuk tinggal. Semoga Jakarta tidak betul-betul tenggelam 50 tahun yang akan datang, sehingga indah kenangan masih bisa dikunjungi kapan-kapan.Bye jak!

(Bekasi, 8 Juli 2011) dari http://sitimugirahayu.wordpress.com

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s