Go Entrepreuneur Class

Jumat 14 Oktoberr 2011, giliran kelas XI Jurusan IPS eksis dalam acara Praktik Wirausaha. Beberapa kelompok yang terbentuk meleburkan diri dalam kegiatan seru ini. Menu yang ditampilkan juga begitu bervariasi. Yang jelas, menggugah selera. Extra Ordinary Fresh, begitu mereka berpromosi.

Kegiatan ini merupakan gabungan dari banyak karakter yang diharapkan dari siswa. Selain  memperhatikan sisi manajerial (merencanakan, melaksanakan, melaporkan), mereka juga sangat merasakan manfaat berbaur dengan anggota kelompoknya yang lain dalam pembagian tugas. Getting Along With Others.

Saling mengkomunikasikan ide adalah pengalaman yang tak akan terlupakan. Persiapan juga dilakukan bersama. Pengalaman jadi lebih lengkap dengan barang bawaan tiap anggota kelompok. Ada yang membawa kompor, panci, wajan, piring, dan lain-lain. Di sini anak belajar bertanggungjawab dengan tugasnya masing-masing. Belajar mengelola kebutuhan bersama.

Selamat Berwirausaha, anak-anakku…

Advertisements

16 thoughts on “Go Entrepreuneur Class

  1. kegiatan ini merupakan penerapan dari salah satu aspek leadership yaitu bekerja dalam kelompok point positif yang bisa kita ambil adalah adanya tanggung jawab dari masing-masing anggota kelompok dan pentingnya bekejasama dalam suatu kelompok. kegiatan ini juga dapat menumbuhkan minat kewirausahaan bagi para siswa.

  2. Bagus juga ini BU Mugi, anak – anak dapat bergaul dan berkomunikasi dan juga dapat memberikan kreatifitas pada anak – anak yang mempunyai kreatifitas dalam kegiatan diatas 🙂

  3. Assalamualaikum..waah saya sangat bangga bu melihat kaka kelas saya berwirausaha seperti ini disekolah,hal ini memacu kami (murid kelas 1) terutama saya untuk bisa seperti kaka kami yang menjajakan makanannya dengan hasil yang ia buat sedemikian rupa dengan kreativitas dan inovasi masing-masing.saya harap kelak nanti kakak kelas dan saya serta semuanya dapat membuka lapangan kerja yang dapat mengurangi pengangguran di Indonesia terlebih lagi dengan gabungan dari ilmu yang ibu Mugi sendiri ajarkan kepada kami yakni ilmu kepemimpinan dan ekonomi..Wassalam

  4. assalamualaikum wr.wb
    betul bu, di acara seperti ini dapan meningkatkan kerjasama kelompok, kekompakan, dah kreatifitas para anggota kelompoknya..

  5. Yap, kegiatan ini emang penting banget, selain seru juga melatih kita buat berbaur dengan yang lain… Yang jelas kerja sama yg oke..

  6. menurut saya kalo sesorang diajarkan memiliki jiwa entrepeneur dari dini atau remaja maka saat dewasa nya orang tersebut akan menjadi orang sukses dan kreatif. Maka bu mugi adalah orang yang telah menanam kan jiwa entrepeneur kepada kakak-kakak kelas di almuslim. Tapi gimana caranya bu agar kita itu gak gagal dalam melakukan kegiatan enterpreneur?

  7. langkah awal sebelum menjadi “The Real Entrepreneur”. Metode semacam ini harus dikembangkan karena melatih siswa menjadi seorang pengusaha bu. Keren deeeeh

  8. Hallooooooooooo ibu mugi ;;)
    Kegiatan yang seperti itu bersifat positif. dalam kegiatan tersebut dapat mengandung berbagai aspek leadership,seperti:
    1.Mengenal Diri
    Melalui kegiatan tersebut kita dapat mengetahui apakah kita bisa menjalani kegiatan tersebut dgn baik dan apakah kita sudah mampu menjadi seorang wirausaha kelak nanti kita dewasa.
    2.Komunikasi & menyatu dengan yg lain
    Kita dapat berinteraksi dengan satu sama lain dalam melaksanakan suatu kegiatan yang positif.
    3.Proses Belajar
    Kita dapat memahami dan belajar tahap demi tahap dalam membuat atau merencanakan sesuatu dan kita dapat mempelajari kesalahan kesalahan yang kemungkinan terjadi.
    4.Membuat keputusan
    Kita harus bisa membuat keputusan dengan baik dan yang penting di dasari kesepakatan masing masing tiap anggota.
    5.Mengatur
    Kita dapat belajar mengatur sebuah perencanaan seperti (apa yg dapat kita produksi untuk konsumen,Kapan waktu pelaksanaanya,Dimana kegiatan itu berjalan,Berapa harga yg kita tawarkan kepada konsumen,Bagaimana proses menjualnya).
    6.Bekerja sama dalam kelompok
    Kita dapat melatih kekompakkan dalam kegiatan tersebut dan kita bisa saling bantu membantu antar anggota.
    Nahh…intinya kegiatan berwirausaha sangatlah positif,kita dpat mengambil hikmahnya dari semua ini. Hehehe

  9. assalamualaikum bu, wah keren bu. 😀 dalam kegiatan seperti ini kita dapat menjadikan kita sebagai orang yang bisa mengatur diri sendiri dan kelompok kita, dan berbagai pengalaman yang ada di dalam kegiatan ini bisa dijadikan pengalaman untuk berwirausaha saat dewasa nanti dan bisa belajar betapa indahnya kebersamaan 🙂

  10. Benar sekali bu, dalam kegiatan ini kita semua dilatih untuk mempraktekan aspek2 yang ada di dalam Leadershipi. Antara lain communication, getting along with others, managing, dan working together with group.
    Dan dengan praktek disini, kita bisa dilatih untuk berwirausaha

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s