Belajar di Bursa Efek Indonesia

Pengalaman yang paling diingat peserta didik  adalah ketika mereka terlibat di dalam kegiatan tersebut.  Hal inilah yang membuat saya membawa anak-anak ekonomi pergi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa, 22 November 2011.  Saya ingin mengajak mereka menjelajahi seperti apa dunia bursa bekerja.

Di BEI, kami di terima oleh Bapak Gusti Ngurah Putra Sandiana, Education Unit PT. Bursa Efek Indonesia. Beliau menjelaskan dengan baik tentang bagaimana mekanisme bursa efek. Tanya jawab berlangsung secara spontan.

Image

Ada yang menarik sekali buat anak-anak dan saya tentunya, karena ternyata Bursa Efek Indonesia sekarang (dulu dikenal dengan Bursa Efek Jakarta) sama sekali berbeda dengan Bursa Efek Indonesia beberapa tahun yang lalu ketika saya mengantar siswa berkunjung ke sana. Sekarang tidak ada lagi Floor Trade dan pemandangan khas bursa efek yaitu banyaknya orang,  computer, dan layar indeks. Hal ini terkait dengan kemajuan tekhnologi. Sistem online dan internet membuat orang bisa memesan saham dari dapur, sehingga pemandangan yang dulu sudah tidak mungkin ditemukan lagi.

Seperti inilah lantai bursa sebelum direnovasi:

 

Image

Sumber image: http://www.infobanknews.com/2011/04/fast-food-indonesia-siapkan-opsi-terbitkan-obligasi/

Untuk pembelajaran, di BEI sekarang sedang dibangun miniature Bursa Efek atau semacam museum bursa efek. Gambar terbaru adalah sebagai  berikut :

Image

“Kemana para pialangnya, Pak?”, tanya salah seorang siswa. Menurut Pak Ngurah, sebagian dari mereka ditarik ke kantor masing-masing, sebagian lagi dirumahkan atau beralih beralihprofesi.

Ada banyak pembelajaran yang bisa diterima siswa dibanding materi belajar itu sendiri jika mereka kita bawa ke dunia pembelajaran nyata. Riuhnya dunia kerja dan pemandangan para profesionalis akan menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat siswa untuk meraih cita-cita. Jangan salah, tingginya gedung-gedung yang mereka laluipun tak luput dari rasa ingin tahu mereka. Dan ini akan terlewatkan jika kita tidak pernah membawa mereka ke manapun, sekalipun dunia internet bisa mereka temui di mana-mana.

Image

Image

Image

Namun ada hal yang disayangkan, ternyata di buku-buku yang dipelajari siswa, sekalipun itu baru terbit, tidak ditemui penjelasan tentang bursa efek dengan kondisi terbaru. Ini jadi tugas kita para guru ekonomi untuk menjelaskannya. Di sinilah peran internet kita butuhkan, untuk melengkapi pengetahuan .

Advertisements

23 thoughts on “Belajar di Bursa Efek Indonesia

  1. Assalamualaikum…..

    aku belum terlalu memahami apa itu bursa efek. tapi yang aku dapetin dari ini cuman renovasi dari BEI itu sendiri. semoga dengan adanya perubahan yang terjadi dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat para pelajar untuk meraih cita-cita

  2. wah bagus ini bu,walaupun di buku pelajaran yang di pelajari siswa/i belum ada,tapi mereka bisa tau apa yang terjadi pada BEI sekarang.Ini termasuk study tour yang bermanfaat bagi pengetahuan 😀

  3. Assalamualaikum wr wb
    Berarti jika kita ingin belajar kita tidak hanya terpaku oleh satu sumber, kita bisa mencari penjelasan”nya melalui buku di perpustakaan, ataupun internet, bahkan yang lebih menyenangkan kita belajar sambil rekreasi seperti postingan ini

  4. assalamualaikum wr wb
    menarik sekali bu berkunjung ke bursa efek indonesia, tapi saya sendiri juga belum tau benar tentang bursa efek ini. kapan kapan ajak kami kesana ya bu agar saya bisa tau lebih banyak 😀

  5. Assalamualikum,
    Terus terang sebelum membaca artikel ini saya masih tidak mengenal apa itu bursa efek tetapi setelah membaca saya jadi sedikit mengerti tentang bursa efek.
    Benar kata ibu peran internet juga sangat membantu apabila penjelasan yang ada dibuku tidak mencakup apa yang kita cari 🙂

  6. Assalamualaikum
    Menurut saya kegiatan mengajak anak untuk mengetahui hal – hal baru seperti yang ada dalam artikel tersebut sangat penting.Tetapi dalam artikel tersebut kurang menjelaskan kegiatan apa yang dilakukan di bursa efek.

  7. Assalamualaikum Bu. Jujur, saya tidak mengerti sama sekali tentang bursa efek. tetapi setelah saya melihat gambar-gambar diatas, saya agak sedikit mengerti tentang apa yang dibahas, juga dibantu dengan pendeskripsiannya tsb. ternyata Indonesia juga tidak kalah canggihnya dengan negara luar. Saya berharap Indonesia akan terus maju lagi dan lebih maju lagi.

  8. Assalamu alaikum wr.wb Saya tidak mengerti bursa efek itu apa dan tugasnya bursa efek itu apa. Tapi saya harap ibu bisa menjelaskan dan mengajak saya dan teman – teman ke BEI. Agar kami bisa mengerti secara teori dan praktek hehe 😀 terima kasih ibu

  9. Assalamu’alaikum,
    Saya Fitria Pernanda, salah satu pengajar di MAN TARUMAJAYA BEKASI. Beberapa hari yang lalu saya menghubungi pihak BEI untuk menanyakan teknis kunjungan siswa/i kami kesana. tapi resepsionisnya tidak menanggapi dengan benar. kalau boleh, saya minta saran kepada Ibu, bagaimana caranya agar kami bisa berkunjung ke BEI. Terima kasih atas bantuannya.

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s