Tiga Kriteria Sekolah Unggul

Sekolah yang unggul adalah sekolah yang memang berani menunjukkan diri bahwa dia unggul. Unggul dalam KamusBesar.com bisa diartikan sebagai sesuatu yang sifatnya  lebih tinggi (bisa lebih baik, lebih cakap, atau yang utama, atau bahkan pemenang).

Pemberantasan buta huruf adalah juga tanggung jawab sekolah unggulTom Morris memaparkan tiga model keunggulan yang langsung Penulis implementasikan dalam contoh konteks sekolah: Keunggulan kompetitif,  Keunggulan komparatif dan  Keunggulan kolaboratif

Keunggulan kompetitif merupakan keunggulan yang tercipta melalui persaingan terlebih dahulu. Kalau sekolah ingin dikatakan unggul, maka harus mampu bersaing dalam segi apapun dengan kompetitornya. Bentuknya bisa mengikuti berbagai lomba siswa, lomba guru, lomba sekolah, atau keunggulan dalam prestasi lain. Jika sekolah bisa mengungguli sekolah lain dalam  cakupan wilayah yang semakin luas, maka semakin hebatlah sekolah tersebut. Tidak mungkin suatu sekolah dikatakan unggul kalau tidak pernah mau bersaing secara terbuka dengan sekolah lainnya, karena indicator kehebatannya belum teruji.

Keunggulan kedua adalah keunggulan komparatif. Sekolah bisa dikatakan unggul kalau memang ada sekolah lain sebagai pembanding. Semakin banyak pembanding, berarti sekolah harus terus mengeksplor berbagai kemampuannya untuk menjadi yang terbaik. Apakah kurikulum sekolah kita sudah lebih baik dari sekolah lain, misalnya. (Karena orang tua yang mengerti tentang pendidikan, akan bertanya kepada sekolah : Apa keunggulan sekolah ini dibanding sekolah lain?) Atau apakah siswa-siswi sekolah kita sudah menelurkan prestasi yang luar biasa dibandingkan sekolah lain ? Atau bagaimana proporsional SPP dan uang pangkal masuk sekolah kita dibandingkan sekolah lain ?

Keunggulan yang ditawarkan Moris yang ketiga adalah keuntungan kolaboratif. Keunggulan ini tercipta dari suatu kepedulian dan tanggung jawab sekolah menjadi bagian dari perbaikan mutu pendidikan secara menyeluruh. Dengan kata lain, keunggulan ini memperlihatan kebersediaan sekolah menjadi pemilik kesuksesan bersama atas pendidikan dewasa ini. Ini sebenarnya merupakan perpaduan hal-hal postif dari keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif. Hanya, persaingan yang diciptakan lebih kepada manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sekitar sekolah. Keunggulannya terletak kepada mampu tidaknya sekolah bekerja sama dengan sekolah lain, atau pihak lain untuk memikul tanggung jawab pendidikan secara bersama-sama. Menuntaskan buta huruf bersama. Memperkecil angka putus sekolah di wilayah bersama. Menumbuhkan budaya pendidikan berkarakter bersama. Dan sesungguhnya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan secara kolaboratif untuk memperbaiki system pendidikan Indonesia yang kelam ini.

Bukan sekolah unggulan kalau dia berdiri tegak mewah sendiri, sementara sekolah tetangganya dipancang bambu agar tidak runtuh, atau siswa putus sekolah justru ada di wilayah kita.

Semoga sekolah kita menjadi sekolah unggul yang rahmatan lil alamin.

menyalin kembali dari : http://sitimugirahayu.wordpress.com/page/2

About these ads

27 comments on “Tiga Kriteria Sekolah Unggul

  1. Assalamualaikum…..

    artikelnya menarik. aku setuju banget tentang tiga hal kriteria sekolah unggul yang telah disebutkan. di jaman sekarang ini kita memang harus pandai-pandai memilih sekolah unggul untuk kepentingan pembelajaran. apalagi sebuah pembelajaran itu tak terlepas dari apa yang akan kita capai di masa depan………

  2. assalamualikum ibu keren, ada aku lagi nihh
    bener banget bu kita gak akan tahu sekolah unggul atau tidak kalau belum dibanding bandingkan dan belum ikut kompetisi ,. apakah almuslim termasuk sekolah unggul bu ? apakah sekolah unggul adalah kriteria utama? memang sekolah unggul sangat lah penting bu , tapi apalah artinya jika siswanya itupun sendiri belum “unggul”.. menurut pandangan saya malah bu , unggul atau tidaknya suatu sekolah tidak banyak berpengaruh dengan nasib siswanya karena semuanya memang bergantung pada diri sendiri bukan pada sekolahnya, dan sekrang pun banyak orang yang mengejr sekolah unggul semata mata hanya ingin mengejra “gengsi” benar tidak sih bu ??
    terima kasih

  3. ASSALAMUALAIKUM.WR,WB
    mungkin sekolah unggulan itu ciri-ciri nya memang tergolong agak rumit,tapi suatu sekolah bisa dikatakan sekolah unggulan jika memiliki seluruh ciri-ciri ini . dan suatu sekolah bisa dikatakan sekolah unggul jika sekolah tersebut mendapat kan prestasi yg lebih baik dari sekolah lain karena adanya pembanding

  4. assalamualaikum wr.wb, kalau menurut saya betul sekali bu sekolah yang ingin unggul dalam segala hal harus mempunyai 3 kriteria tersebut karena kriteria itu sangat penting sekali untuk melakukan persaingan dengan sekolah lain. Baik dalam hal mengikuti lomba atau apapun lah, dan memang benar sekolah yang ingin unggul harus banyak mengeksplor kemampuan para muridnya. Untuk yang terakhir saya juga setuju karena di sekolah pun harus ada rasa kepedulian dan tanggung jawab. terimakasih, wassalamualaikum :)

  5. bagi saya,postingan ini benar.dan saya juga berpendapat bahwa sekolah unggul juga dipengaruhi dari kegiatan atau aktivitas siswanya juga sehari-hari.bagaimana sekolah itu baik dapat dipandang dari tingkah perilaku siswanya.apakah siswa itu berbuat baik atau buruk.

  6. Assalamualaikum bu Mugi, apakah benar hanya itu saja yang menjadi syarat untuk menjadi sekolah unggulan? apakah SPP juga menjadi pengaruh sebagai suatu sekolah unggul? Menurut saya sekolah unggulan itu dari didikan seorang guru terhadap murid-muridnya dan kurikulum materinya tersebut. Dalam film Laskar Pelangi ada sekolah muhammadiyah, dan itu menurut saya sudah bersyaratkan sekolah unggulan karena mendidik akhlak siswanya sangat bisa diacungi jempol. Dengan mereka memiliki niat belajar yang sangat gigih, itu merupakan cermin sekolah unggulan meskipun nampaknya sekolah itu reot dan tak patut digunakan lagi. Jadi mungkin sekolah kita bisa mengikuti apa yang ada di film itu yang terpaku pada akhlaknya agar bisa menjadi sekolah unggulan. Dari segi tampilan sekolah kita sudah bagus tapi sikap siswanya saja yang harus dibenarkan.

  7. menurut saya,alasan untuk kriteria sekolah unggul diatas sangat bagus,selain itu sekolah unggul juga dapat dilihat dari prilaku peserta didiknya.bagaimana peserta didik itu bertingkah laku diluar,juga dapar mencerminkan keunggulan sekolah yang bersangkutan.

  8. assalamu’alaikum wr wb.
    setelah saya membaca postingan ini, saya sangat setuju bahwa sekolah unggulan mempunyai kriteria, dapat bersaing, mempunyai sekolah pembanding dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

    Mempunyai sekolah pembanding adalah salah satu kriteria sekolah unggulan, apabila sekolah tersebut tidak punya pembanding, maka belum bisa disebut sekolah unggulan. Karena kita tidak bisa mengukur sendiri apakah sekolah itu lebih baik dari sekolah lainnya.
    Terimakasih bu,
    wassalamu’alaikum :)

  9. Assalmu’alaikum Bu Mugi :)
    menurut saya kriteria sekolah unggul bukan hanya itu saja.
    menurut saya sekolah unggulan itu adalah sekolah yang dapat mendidik murid dengan baik untuk menjadi penerus bangsa dan memberikan kelulusan yang paling baik nilainya tanpa menggunakan cara curang.
    serta murid-muridnya dapat di kenang oleh orang lain karena kecerdasannya dan akhlaknya.
    sekian terima kasih
    wassalamu’alaikum wr.wb

  10. wah ternyata almuslim sudah mendekati kriteria tersebut hehehe. Semoga SMA IC Almuslim bisa menjadi SMA yg lebih baik lagi. Amin :D

  11. assalamualaikum wr.wb iya bu aku setuju dengan postingan ibu,karna untuk menjadi sekolah yang baik itu harus bagus dan harus memiliki saingan agar dapat menjadi lebih baik sekolahnya :)

  12. Assalamualaikum
    Memang benar kriteria sekolah unggul seperti pada artikel diatas. setidaknya sekolah itu harus berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki sekolah tersebut dan juga harus memperhatikan sekolah disekitarnya jadi tidak hanya berdiri sendiri tetapi juga dapat bekerjasama dengan sekolah lain untuk mencapai kriteria sekolah unggul.

  13. Assalamu’alaikum
    Saya setuju dengan artikel tersebut. Karena untuk mencapai sekolah yang unggul dibutuhkan keseimbangan dari ketiga aspek yang dipaparkan oleh Tom Morris sehingga keunggulan tersebut tidak hanya terdapat di salah satu sisi.

  14. Assalamu’alaikum
    Dari ketiga kriteria sekolah unggulan itu,keunggulan yang saya anggap paling unggul mungkin adalah keunggulan kolaboratif.Karena sekolah itu berarti tidak mau menang sendiri dan mementingkan kebersamaan sesama.Artikelnya bagus bu :)

  15. Assalamualaikum wr.wb
    Saya setuju dengan artikel ibu tentang kriteria sekolah unggulan ini. Untuk menajdi sekolah unggulan tidak hanya dilihat dari salah satu kriteria saja, tapi harus dari ke-tiga-tiganya yang menurut morris diatas. Lebih baik lagi kalau di dalam sekolah unggulan itu terdapat masyarakat yang unggul pula, tidak hanya 1-2 anak murid saja misalnya hehe. Semoga almuslim mempunyai ke-3 kriteria tsb ya bu hihi:D

  16. menurut saya dari ke3 kriteria keunggulan sekolah pasti setiap sekolah mempunyainya. yang pertama persaingan pasti ada pada di awal2 untuk perebutan sekolah terbaik sehingga terjadi persaingan. yang kedua pasti ada perbandingan-perbandingan dari sekolah lain di bandingkan ketika belajarnya dll. yang ketiga kekompakan pasti ada juga karena memerluan kekompakan.

  17. Assalamu’alaikum bu mugi,postingan ini membuat saya semakin termotivasi dalam memilih sekolah yang unggul. dan semoga SMA IC Al Muslim juga termasuk dalam sekolah unggulan yang memiliki ketiga kriteria tersebut. amiin :)
    wassalamu’alaikum

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s