Belajar dengan Mind Map

Metode pembelajaran dengan cara mind map bisa dilaksanakan pada setiap pelajaran. Hal ini sudah dibuktikan oleh peserta didik saya di sekolah.

Sebagai tugas awal, mereka diberikan tugas membuat mind map bersama-sama untuk sebuah tema yang mereka buat sendiri. Hal ini untuk menyamakan persepsi dengan antara saya dan siswa, sehingga bisa meyakinkan saya apakah peserta didik membuat mind map dengan benar dan mereka mengetahui manfaatnya atau hanya sekedar menggugurkan kewajiban mengerjakan tugas. Pengembangan mind map sendiri akan berbeda untuk setiap peserta didik. Itulah kenapa mind map adalah sesuatu yang personal, karena dibuat sesuai dengan kebutuhan si pembuatnya. Setelah mereka dikategorikan mampu membuatnya, tugas membuat mind map diperluas, yaitu membuat mind map untuk tiap pelajaran yang berbeda.

Mind map adalah pemetaan pikiran di otak kita. Peta pikiran ini berisi garis besar materi atau dengan kata lain ringkasan yang kita perlukan. Dengan peta pikiran memungkinkan kita membaca garis besar materi secara ringkas. Maka, buatlah mind mind seindah mungkin. Hal ini membuat otak menjadi  segar.

Mind map dibuat untuk memudahkan setiap orang memetakan materi. Ibaratnya sebuah peta, mind map pun mempunyai cabang-cabang yang berfungsi sebagai penunjuk jalan. Cabang-cabang ini akan terarah ke dalam ranting-ranting terkecil sekalipun.

Dalam bukunya Brain Rules, John Medina mengatakan bahwa otak tidak tertarik pada sesuatu yang membosankan. Seperti kita tahu, buku adalah suatu sumber ilmu yang datar. Bahkan bagi orang yang tidak mempunyai kecintaan terhadap kebiasaan membaca, buku sangat menyiksa. Untuk itu, pembuatan mind map diharapkan membuat peserta didik bisa tetap mempelajari buku dengan cara yang lain.

Cara membuat mind map sangat mudah. Pertama, sediakan materi (bisa buku, makalah, artikel atau apapun yang membutuhkan pemetaan). Kemudian, sediakan kertas kosong dan alat tulis. Kertas bergaris akan membatasi kreatifitas kita. Lalu, buatkan materi pokok di tengah kertas. Hiasi dengan bingkai berbagai bentuk (bisa lingkaran, awan, oval, dsb).

Setelah itu, buatlah cabang-cabang besar dengan warna berbeda. Cabang-cabang ini menerangkan sub materi selanjutnya. Warna berbeda memungkinkan kita bisa bisa melebarkan mind map ke arah manapun, yang penting warnanya sama.

Ranting-ranting bisa dibuat selanjutnya sesuai dengan kebutuhan. Tambahkan kata kunci (key word)yang bisa membuka banyak hal jika kita membacanya. Key word bisa berupa insitial, istilah, ataupun gambar.

Hal yang penting diingat dalam membuat mind map adalah : baca terlebih dahulu materi  bab per bab. Setelah satu bab selesai baca kembali sambil membuat mind map. Proses membaca adalah titik awal pembuatan mind map. Mind map sendiri bagaikan peta yang meringkas apa yang kita baca. Dengan mind map, diharapkan informasi yang pernah kita terima lewat kegiatan membaca kembali terpanggil. Jadi, tidak ada manfaatnya sama sekali jika kita membuat mind map tanpa pernah membaca materinya.

Selamat mencoba!

contoh-contoh blog siswa yang membuat mind map :

http://dewinanseti.blogspot.com/

http://budiputriberliana.blogspot.com/2011/11/mind-map-pknnorma.html

About these ads

24 comments on “Belajar dengan Mind Map

  1. Assalamualaikum mother, how are you? I’m fine thank’s. Emang bener bu, belajar dengan mind map lebih mudah dipahami.

  2. assalammu’alaikum bu , hahaha memang belajar dengan mind map lumayan enak bu krn sudah seperti diringkas tetapi kendalanya hanya satu yaitu dalam pembuatan bu . karena saya orang yang tidak kreatif jadi untuk membuat mind map ide untuk mengkreasikan mind map tersebut agak kurang hehe

  3. Asslamualikum.Wr.Wb.Saya sudah membuat beberapa mind map tentang pelajaran saya lihat dengan membuat mind map kita dapat belajar dengan mudah dan hanya dengan 1 kertas kita bisa belajar dalam 1 bab..

    Namun jika materinya terlalu banyak saya jadi pusing sendiri,karena saya terbiasa dengan menghafal dari buku jadi saya lebih bisa mengerti dengan menghafal dari buku.InsyaAllah saya ingin mencoba belajara dengan menggunakan mind map.

  4. Assalamu’alaikum. Wr. Wb. Bu Mugi, menurut saya, setelah ibu mengajarkan tentang mind mapping itu memberikan dampak positif bagi diri saya pribadi. ketika membuat mind mapping, saya harus membaca hal yang ingin kita buat dalam bentuk mind mapping. setelah itu kita buat dalam bentuk mind mapping dengan ranting-ranting dan dengan berbagai warna sehingga saya semangat dalam belajar. selain membantu dalam belajar, mind mapping juga melatih kreatifitas dan membantu saya untuk meningkatkan kreatifitas saya. Terima kasih Bu Mugi :)

  5. belajar dengan mind mapping akan lebih simple, karena tidak terlalu banyak tulisan seperti di buku buku lain . belajar mind mapping juga belajar untuk seni dan berkarya dengan menggambar .

  6. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Saya baru merasakannya bu, ternyata perkataan bu mugi benar jika kita belajar dengan mind map akan lebih mudah

  7. assalamualaikum Bu Mugi. menurut saya memang benar belajar dengan mind map itu sangat membantu, karena bisa mempermudah kita untuk belajar. dengan membuat mind map saya bisa lebih meningkatkan kreatifitas saya dengan membuat berbagai macam bentuk mind map. dengan membuat mind map, saya jadi lebih mudah menghafal

  8. Assalamualaikum bu Mugi. Saya sudah mengenal Mind Mapping sejak kelas 6 SD dan dipraktekkan secara keseluruhan mulai kelas X ini. Dgn mind map saya bisa merasakan manfaatnya sehingga dapat menghafal lebih mudah dan lebih kreatif. dgn mind map saya dapat mengembangkan ide2 saya. Tp krn dari awal saya sudah mengenal metode merangkum dan menstabilo buku, saya menjadi terbiasa dengan cara tsb dan saya lebih nyaman dgn cara tsb dan saya lebih suka dgn tulisan-tulisan karena saya mulai suka menulis berkat Bu Mugi hehehe :)

  9. Assalamuallaikum wr wb. Menurut saya sendiri, dengan adanya mind mapping ini, saya dapat belajar dengan baik, saya sendiri sebenarnya sudah mengenal mind mapping sejak mulai SMP, tetapi, itu dituangkanya di dalam pemikira saya saja, belum dituliskan. Tetapi mulai sekarang ini saya berusaha untung menuangkannya dalam tulisan .

  10. Assalamualaikum wr wb
    belajar dengan mind map membuat saya lebih mengerti apa yang akan saya pelajari,karena memang inti dari mind map adalah memudahkan mempelajari materi. Di mind map juga kita bisa membuat cabang-cabang dr sub-materi, itulah yg membuat saya lebih paham dengan terapan-terapan mind map tsb.

  11. Mind map ,terima kasih bu Mugi .saya sendiri baru mengenal Mind map sejak kelas 10 di Al-Muslim ini.saya sendiri sebelum nya hanya menggunakan stabilo di materi materi yang saya anggap penting . Dengan mind map ini saya menjadi lebih mudah menghafal dan mempelajari pelajaran yang sulit di hafal . Mind map juga membantu saya untuk tidak terlalu terpaku pada teks di buku karena belajar dengan mind map itu sama dengan mengarang sendiri kata kata nya ,terima kasih bu Mugi

  12. allhamdulilah berkat dikasih taunya materi dengan dikasihnya materi mind mapping oleh bu mugi saya dalam belajarnya bisa lebih mudah lagi,karena tidak perlu melihat biuku lagi.

  13. Terima kasih bu Mugi. Pokok nya mind map sangat membantu saya dalam hal pelajaran,saya lebih mudah menghafal apabila menggunakan mind map .

  14. alhamdulilah berkat dikasih taunya materi dengan dikasihnya materi mind mapping oleh bu mugi, akan terasa lebih simple dan mata pun lebih fresh untuk melihat pelajaran, tidak seperti yg di buku yg terlalu monoton/jenuh untuk membaca’a

  15. akhirnya saya menemukan metode baelajar yang mudah dengan menggunakan mind map,saya sangat terbantu dengan metode ini thangs ya bu mugi. :D

  16. assalamualaikum wr.wb
    bu mugi saya sangat senang membuat mind mapping, karna dapat memudahkan pembelajaran, dan belajar menjadi lebih ringan untuk dikuasai materi-materinya..
    sebelumnya saya sangat mengalami kesulitan sebelum membuat mind mapping, dan sekarang menjadi mudah dan insya Allah gampang :D
    makasih bu mugi atas idenya, membuat mind mapping sebagai metode pembelajaran. :)
    wassalamualaikum wr.wb

  17. Assalamualaikum Wr Wb
    saya sangat suka sekali yg namanya mind mapping padahal itu baru saja saya kenal dengan hal tersebut. karena mind mapping itu menurut saya bisa mencerahkan hidup kita dengan warna-warni kehidupan kalau bagi saya, gak tau bagi yang lain, dari sisi pendidikan saya senang mind mapping karena bisa mempelajari suatu pelajaran dengan mudahnya
    ‘wah ada saya nya tuh bu’ wkwkwk :D

  18. assalamualaikum wr wb
    menurut saya memang benar bu belajar dengan mind map itu memudahkan kita mengingat materi materi pelajaran. apalagi mind map itu bisa disertai gambar gambar juga, jadi kita merasa fun saat membaca nya .

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s